BBNews.com

Mencerdaskan & Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

BBNews.com > Berita Madina > Ketua FORIKAN : Galakkan GEMARIKAN

Ketua FORIKAN : Galakkan GEMARIKAN

Panyabungan-BBNewsmadina.com

Upaya memajukan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal galakkan Gerakkan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) melalui kerjasama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Mandailing Natal, yang dilaksanakan di Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal,(10/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh, Bupati Madina, Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, Anggota DPR RI, H. Gus Irawan Pasaribu, Ketua DPRD Madina, Hj. Lely Artati S.Ag, FKPD Kabupaten Madina, Ibu Ketua FORIKAN Kabupaten Madina, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Anggota DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Mandailing Natal, Para Kepala SKPD Kabupaten Madina, Ketua Bhayangkari Madina, Ketua Persit Madina, Camat Panyabungan Utara, Para Tokoh Agama Desa Rumbio, Tokoh Masyarakat Desa Rumbio, serta masyarakat Desa Rumbio.

Ibu Ketua FORIKAN Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution dalam kata sambutannya mengatakan, saya selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN), merasa terpanggil untuk menciptakan masyarakat sehat, kuat, dan cerdas apalagi buat anak-anak didik kami selaku generasi penerus bangsa.  Sejak dini anak-anak didik kita harus betul-betul diperhatikan kecukupan gizinya sehingga generasi kita kedepan menjadi generasi yang sehat, kuat, cerdas, tangguh dan religius,ujarnya.

Ibu Ketua FORIKAN, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution saat memberikan sambutannya dalam acara GEMARIKAN di Desa Rumbio

Ibu Ketua FORIKAN, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution saat memberikan sambutannya dalam acara GEMARIKAN di Desa Rumbio

“Ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak, sehingga masyarakat khususnya anak-anak perlu didorong untuk Gemar Makan Ikan. Ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi, mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan, dan termasuk sangat baik bagi Ibu pada periode persiapan kehamilan, masa kehamilan hingga memberikan asi.”

“Kami Berharap dengan kegiatan Gemarikan ini akan terbangun kesadaran gizi individu, maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan, kami juga berharap keberadaan FORIKAN bisa menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan sekaligus pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat Kabupaten Mandailing Natal.”

Lanjut Ny. Ika, untuk itu kami terus mengupayakan agar masyarakat Madina semakin gemar mengkonsumsi ikan air tawar apapun jenisnya, ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah dan sangat mudah didapat apalagi di Kabupaten Mandailing Natal yang banyak air dan Daerahnya cocok untuk budi daya ikan, ucapnya.

“Oleh karena itu kami harap agar Pemerintah sepenuhnya mendukung kegiatan ini melalui sosialisasi GEMARIKAN oleh FORIKAN yang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan, dan kami berharap juga melalui sosialisasi ini dapat mensukseskan program Nasional yaitu meningkatkan konsumsi ikan khususnya kepada anak-anak, disamping makan ikan juga menyukai sayuran dan buah-buahan sebagi menu penutup makanan. Dengan memakan ikan, sayuran dan buah-buahan tubuh kita bisa sehat dan otak menjadi pintar, anak usia dini adalah aset kita untuk masa yang akan datang, jadi asupan gizinya harus selalu dijaga dengan baik, paparnya.

“Kepada Ibu-ibu TP-PKK harus berperan aktif dalam memasyarakatkan GEMARIKAN di Desa masing-masing, baik melalui Posyandu, maupun melalui keluarga,” pungkas Ny. Ika  Desika Dahlan Hasan Nasution.

Perlu diketahui, Ibu Ketua FORIKAN menyabur langsung benih ikan di Sungai Desa Rumbio sebagai bantuan FORIKAN yang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal, serta memberikan bantuan kaos olahraga kepada Siswa/siswi SDN Desa Rumbio.(davy)

 

1101total visits.

About

BBNews Madina adalah sebuah situs berita di Kabupaten Mandailing Natal yang mencakup beberapa wilayah di Sumatera Utara sampai ke pelosok desa untuk tujuan Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

POST YOUR COMMENTS

Address:Jl. Lintas Timur Nomor 9. Panyabungan - Sumatera Utara

Phone:082165877288

Email:bonabulu_news@yahoo.com - buana171@gmail.com