BBNews.com

Mencerdaskan & Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

BBNews.com > Berita Madina > Pemangku Adat harapkan Bona Bulu News : MITRA PELESTARIAN ADAT BUDAYA DAN KESEJARAHAN MADINA

Pemangku Adat harapkan Bona Bulu News : MITRA PELESTARIAN ADAT BUDAYA DAN KESEJARAHAN MADINA

Komplek Bagas Godang Mandailing Segera Dibangun.

Para Pemangku Adat/Raja Panusunan Madina foto bersama dengan Pangdam I/BB & Ibu usai prosesi Upacara Adat pemberian Marga Nasution dan Gelar Kebangsawanan Adat (27/3) di Sopo Godang Mandailing Natal.

Para Pemangku Adat/Raja Panusunan Madina foto bersama dengan Pangdam I/BB & Ibu usai prosesi Upacara Adat pemberian Marga Nasution dan Gelar Kebangsawanan Adat (27/3) di Sopo Godang Mandailing Natal.

Panyabungan (BBNews)
Pemangku Adat/Raja Panusunan Madina, H.Sutan Parluhutan Nasution, H.Mangaraja Kumala Oloan Nasution dan Sutan Batara Pidoli Nasution yang berkunjung kekantor Redaksi Bona Bulu News baru-baru ini, sangat mengharapkan kehadiran BBNews sebagai media lokal bisa berperan menjadi mitra yang kental dengan para Pemangkut Adat/Raja Panusunan yang ada di Madina dalam upaya pelestarian adat budaya serta penggalian dan pelurusan kesejarahan Mandailing Natal untuk diwariskan kepada generasi muda didaerah ini.
Persoalan mendasar akhir-akhir ini menurut mereka adalah telah terjadinya degradasi moral ditengah-tengah generasi muda kita yang kurang memahami keluhuran etika adat-istiadat dan budaya serta kesejaran Mandailing Natal yang diwariskan para nenek moyang kita, kelunturan moralitas ini salah satu diantaranya adalah disebabkan ketidak mampuan kita membentengi dan memfilter dominasi pengaruh budaya barat melalui kecanggihan teknologi informasi yang saat ini sangat mudah diakses yang tidak sesuai dengan jati diri peradaban kita, sehingga berdampak pula ketidak pedulian generasi muda untuk mau mempelajari adat-budaya dan penggalian kesejarahan kita. Dalam konteks inilah BBNews mereka minta mampu memberikan bagian peran pencerdasan dan edukasi publikasi yang muaranya semakin terlestarikan adat-budaya dan kesejarahan Madina.
Pembangunan Komplek Bagas Godang.
Adanya program Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution,dalam waktu dekat ini akan segera membangun komplek Bagas Godang Mandailing diatas lahan lebih dua hektar diseputar Mangga Tolu-Purba Baru,para tokoh adat ini menyambutnya dengan baik sekaligus memberikan sprit yang luar biasa bagi mereka atas kepedulian yang ditunjukkan pihak Pemda tersebut. ”Obsesi kami dibumi gordang sambilan ini memiliki ikon komplek Bagas Godang akan segera terwujud, dalam hal ini kami siap mendukung sepenuhnya dan berpartisipasi aktif”-tukas mereka bersemangat.
Dalam berbagai pertemuan akhir-akhir ini, Dahlan Hasan selalu menyampaikan pemaparannya dihadapan para Pemangku

Adat/Raja Panusunan se-Kab Madina, bahwa diatas lahan yang akan dija dikan komplek tersebut akan dibangun Bagas Godang, Sopo Godang, Sopo Gordang, Sopo Opuk, Sopo Jago, Perpustakaan, Museum, Musholla, Mess dllnya. ”Kesemuanya itu diperuntukkan disamping sebagai ikon Madina, juga adalah tempat pelatihan prosesi upacara adat (mar-kobar adat), manortor, margordang sambilan, perpustakaan serta museum benda-benda bersejarah dan sentra usaha inovasi kerajinan tangan khas Madina. Juga akan dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata penting di Madina adalah untuk membantu para perantau apabila pulang kampung ada tempat singgah/inap untuk melepaskan kerinduan kampung halaman, umpamanya dari Malaysia, Jakarta dllnya. Ini bukan sekedar wacana, tapi sudah termasuk prioritas yang telah direncanakan matang dan diharapkan tahun 2015 ini juga bangunan fisiknya bisa rampung “ paparnya.
Komplek ini, kata Bupati Dahlan Hasan, juga akas sekaligus dijadikan semacam alun-alun kota Panyabungan sebagai ibukota kabupaten dimana acara-acara resmi pemerintah akan dipusatkan disini, sehingga tidak lagi seperti kondisi selama ini yang masih meminjam pakai/mengkontrak lahan pihak swasta.
Ketika program ini dimintai BBNews tanggapan kepada Ibu Ketua DPRD Madina – Hj. Lely Artati S.Ag (11/05), menyatakan bahwa program Bupati ini sangat bagus dan harus didukung semua pihak. “Kita akan mendorong desain/planningnya sesuai dengan ornament khas adat Mandailing dan segera akan menganggar kannya dalam APBD, karena ini untuk kepentingan percepatan pembangunan di Madina yang kita cintai ini” katanya. (bmp)

423total visits.

About

BBNews Madina adalah sebuah situs berita di Kabupaten Mandailing Natal yang mencakup beberapa wilayah di Sumatera Utara sampai ke pelosok desa untuk tujuan Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

POST YOUR COMMENTS

Address:Jl. Lintas Timur Nomor 9. Panyabungan - Sumatera Utara

Phone:082165877288

Email:bonabulu_news@yahoo.com - buana171@gmail.com