KPUD Madina Gelar Simulasi Putungsuara Pemilu 2019

Foto : Komisioner dan staf sekretariat KPUD Madina saat melakukan simulasi putungsuara pemilu 2019 dihalaman kantor KPUD Madina, sabtu (23/3). (LBS)

bbnewsmadina.com, Mengingat waktu pemilihan Umum (pemilu) 17 April 2019 hanya tinggal menghitung hari. Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Mandailing Natal (KPUD Madina) menggelar acara simulasi terkait bagaimana proses Pemungutan dan Penghitungan Suara (Putungsuara), sabtu (23/03).

Simulasi putungsuara pemilu 2019 yang dilaksanakan dihalaman Kantor KPUD Madina beralamat di Jalan Merdeka Nomor 2 Kelurahan Kayu Jati Kecamatan Panyabungan ini, di ikuti oleh seluruh Komisioner KPUD Madina, PPK Kecamatan Panyabungan, Relawan Demokrasi Kecamatan Panyabungan dan jajaran Sekretariat KPUD Madina.

Pantauan bbnewsmadina.com, acara Simulasi dimulai pukul 07.00 Wib  dengan melakukan pengecekan logistik, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang anggotanya terdiri dari Sekretariat KPUD Kabupaten Madina, dengan prosesi simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara yang selesai hingga pukul 01.00 Wib.

Selaku Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD Kabupaten Madina, Muhammad Ikhsan Matondang menjelaskan bahwa Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di laksanakan Selayaknya Pemilihan Umum sesungguhnya.

“Simulasi yang dilaksanakan ini seperti selayaknya  pemungutan aslinya. Dimana, terdapat tempat Pemungutan suara, yang dibuat menggunakan tenda lengkap dengan atribut layaknya TPS pada Pemilu nanti.

Misalnya, lima kotak suara yang disediakan sesuai jumlah surat suara, serta terdapat empat bilik yang digunakan untuk pemilih dalam menentukan hak pilihnya”.ungkapnya

Tidak hanya itu saja tambahnya, pada Simulasi ini juga  terdapat KPPS, Pengawas TPS, saksi, hingga petugas ketertiban yang masing-masing di perankan oleh Sekretariat KPUD Kabupaten Madina”.tandasnya.

Dan sambungnya, digelarnya simulasi putungsuara pemilu 2019 ini juga sekaligus sosialisasi KPUD Madina kepada masyarakat terkait bagaimana nantinya prosesi pada saat dilaksanakannya putingsuara pada tanggal 17 April 2019 nanti”. tandasnya (LBS)

 

 

 

 

 

 

 

168total visits.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *