Bupati Madina, Kebudayaan Lokal Mandailing Natal Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Moral Terhadap Kehidupan Masyarakat

bbnewsmadina.com, Pemkab Mandailing Natal melalui Bagian Pemberdayaan Masyarakat Dan Trantibum Linmas mengadakan kegiatan Penyusunan Kebijakan Pengelolaan Kekayaan Budaya Lokal Daerah Tahun 2018 yang dilaksanakan di aula Hotel Payaloting Panyabungan, Rabu (21-22/11/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh, Sekda Madina Mhd. Syaffei Lubis, Ketua DPRD Madina, Pengurus FPPAB Madina, Tokoh Adat, serta seluruh peserta.

Bupati Madina melalui Sekda Mhd. Syaffei Lubis saat membuka acara mengatakan, Mandailing Natal terkenal karena adat budayanya, maka dari itu marilah kita menjaganya.

“Tantangan yang kita hadapi dalam upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan, memang tidak mudah. Aktualisasi budaya lokal dalam kehidupan bermasyarakat pada kenyataannya masih belum berjalan dengan baik.”

“Nilai-nilai budaya yang bersumber kearifan lokal dan kebudayaan suku-suku bangsa dengan masuknya unsur-unsur budaya asing dalam interaksi kebudayaan lintas bangsa menyebabkan masyarakat cenderung diabaikan terhadap Nilai-nilai budaya lokal.”

“Bahkan nilai-nilai kearifan lokal seperti gotong royong dan tenggang rasa sulit ditemukan lagi dalam kehidupan bermasyarakat masa kini yang cenderung individual.”

“Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal merasa terpanggil untuk kembali menghidupkan kebudayaan lokal Mandailing Natal sebagai bentuk tanggung jawab moral terhadap kehidupan masyarakat di Kabupaten yang sama-sama kita cintai ini.”pungkasnya.

Sementara Kabag Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas, Martua Efendi Matondang. S.Sos mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mensinergikan Pemerintah Desa, Kecamatan sampai Kabupaten agar budaya ini bisa tetap terlestarikan.

“Kita berharap agar Pemerintah Desa menampung dan memasukkan setiap kegiatan Budaya Lokal kepada RPJMDes, sampai ke Musrenbang.” tandasnya.(davy)

 

 

 

 

IKLAN PAJAK

 

iklan KB

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)