Bupati Tapsel Resmikan Gedung Baru UPT Puskesmas Sayurmatinggi

 

Bupati Tapsel saat meresmikan gedung baru UPT Puskesmas Sayurmatinggi. (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M Pasaribu, SH meresmikan Gedung Baru UPT. Puskesmas Sayurmatinggi di Kecamatan Sayurmatinggi, Senin (26/10).

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH dalam sambutannya mengatakan, peresmian gedung baru UPT Puskesmas Sayurmatinggi sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Sayurmatinggi dan peresmian ini juga sebagai bentuk perwujudan dari visi misi kami agar bagaimana rakyat kami bisa sehat, ujarnya.

Apalagi kami dari waktu ke waktu selalu terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik itu di bidang pendidikan maupun di bidang kesehatan agar masyarakat bisa sejahtera.

Karena tugas Kepala Daerah itu adalah bagaimana meningkatkan harkat dan martabat rakyat dalam bentuk kesejahteraan. “Sedangkan kesejahteraan itu ada dua yaitu kesejahteraan di bidang material termasuk didalamnya kesehatan demikian juga kesejahteraan di bidang inmaterial yang merupakan kepuasan terhadap kehidupan sosial keagamaan termasuk juga kepuasan pelayanan dalam menciptakan suasana kondusif yang dibangun oleh pemerintah daerah baik di bidang sosial, kebudayaan dan kemasyarakatan”, jelasnya.

Memang selama dua periode kepemimpinan sebagai Bupati Tapsel, saya belum bisa sepenuhnya memberikan kepuasan kepada semua masyarakat akan tetapi saya telah berupaya untuk memberikan yang terbaik dengan segala daya dan upaya dengan membangun kolaborasi kepada berbagai penentu kebijakan di tingkat nasional maupun penentu kebijakan ditingkat provinsi. Karena membangun itu harus ada hubungan ke atas maupun hubungan kesamping dan yang lebih penting lagi hubungan dengan masyarakat, tegas Syahrul.

Oleh karena itu, saya berharap kepada tenaga medis yang ada di UPT. Puskesmas Sayurmatinggi untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, harap Syahrul.

Disamping itu juga, saya minta kepada kita semua untuk selalu mentaati anjuran pemerintah dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau dengan hand sanitizer, jaga jarak (physical distancing) dan hindari kerumunan (social distancing), pinta Syahrul.

Karena Pandemi Covid-19 ini dampaknya sangat besar terutama pada perekonomian Indonesia akibatnya Indonesia mengalami resesi ekonomi. Oleh karena itu saya berharap kepada tokoh masyarakat dan seluruh kepala desa untuk selalu menghimbau kepada masyarakatnya agar jangan pernah menganggap enteng wabah ini karena Covid-19 ini memang ada.

“Maka dari itu, mari sama-sama kita patuhi protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 dapat terputus penyebarannya di Kabupaten Tapsel”, ajak Syahrul.

Selain itu Bupati juga mengingatkan bahwa pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang akan ada agenda lima tahunan yaitu pilkada serentak di 9 Provinsi dan 261 Kabupaten/Kota di Indonesia serta 23 kabupaten/kota di Sumut termasuk Tapsel.

Oleh karena itu, saya berharap agar pilkada nantinya dapat berjalan dengan aman damai, sejuk dan kondusif. Mari terus kita jaga kekompakan dan rajut terus kebersamaan agar kemesraan kita tidak cepat berlalu. Semoga pengganti kami nantinya dapat melanjutkan pembangunan di Tapsel agar lebih baik apa yang telah baik sekarang ini, sehingga kembali terwujud masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, pungkasnya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan dr. Sri Khairunnisa mengatakan, kami informasikan kepada masyarakat Sayurmatinggi, bahwasanya yang melatar belakangi di bangunnya gedung ini adalah untuk puskesmas rawat inap sementara yang artinya bisa merawat pasien selama kurang lebih tiga hari sebelum dirujuk ke pusat rujukan di RSUD Kab. Tapsel Sipirok, katanya.

Karena perlu kita ketahui bersama, bahwasanya pada tahun 2019 kita telah mengajukan untuk direhabnya gedung rawatan Puskesmas Sayurmatinggi dan alhamdulillah usulan itu diterima oleh Bupati dan kemudian kita usulkan ke Kementerian Kesehatan dan inilah hasilnya. Harapan kami dengan telah berdirinya gedung rawatan ini bisa menjawab persoalan-persoalan dan bisa menyahuti tuntutan dari masyarakat Sayurmatinggi, harap Sri.

Adapun di tahun 2020 ini masih ada dua puskesmas lagi yang akan menjadi target untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Tapsel yaitu Puskesmas Danau Marsabut Sipirok dan Puskesmas Simarpinggan Angkola Selatan, terang Sri.

Sedangkan tokoh masyarakat Sayurmatinggi Ambia Sipahutar mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati begitu juga dengan Ibu Kadis Kesehatan karena puskesmas kami semakin maju dengan dibangunnya gedung baru untuk rawat inap.

“Mudah-mudahan dengan berdirinya gedung baru rawat inap ini, pelayanan kesehatan akan semakin baik dan kami masyarakat Sayurmatinggi selalu mendoakan Bapak agar selalu diberi kesehatan dalam memimpin Tapsel walaupun beberapa bulan lagi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Tapsel dua periode”.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Bupati Tapsel sebagai simbol peresmian, kemudian Bupati beserta rombongan meninjau ruangan demi ruangan dan fasilitas yang terdapat di gedung baru tersebut.

Turut hadir, anggota DPRD Tapsel, Kadis pariwisata Abdul Saftar Harahap, Camat Sayurmatinggi, Sekretaris Dinas kesehatan, Kepala RSUD Kab. Tapsel, dan seluruh kepala desa beserta Lurah Sayurmatinggi. (Ty)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *