DKP Madina Laksanakan GEMARIKAN

Panyabungan-BBNewsmadina.com

Untuk memajukan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal galakkan Gerakkan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal, karena peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para aleh gizi, yang dilaksanakan di Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal,(10/11).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. Awaluddin MM mengatakan, “Adapun tujuan acara ini agar masyarakat lebih gemar untuk memakan ikan dan sesuai tema yang kami ambil yaitu mari budayakan makan ikan, makan ikan tidak cacingan,” ujarnya.

“Hanya dengan makan inilah yang paling pas setelah kita teliti untuk jauh dari cacingan, dengan makan ikan manfaatnyapun banyak untuk manusia, dan tentunya jika warga khususnya anak-anak dibiasakan makan ikan, maka akan menumbuhkan kecerdasan anak. Sekaligus bisa meningkatkan kualitas SDM warga Rumbio. Kami berharap acara ini bisa memberi manfaat khususnya kepada warga setempat,” papar Kadis Kelautan dan Perikanan.

Sementara Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution menyampaikan, terimaksih kepada pihak Dinas Kelautan dan Perikanan atas kerjasamanya dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) untuk mengalakkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang merupakan program Pemerinta, ucapnya.

“untuk membangun sesuatu yang besar tentunya harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, demikian juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga.

“Dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter, maka pembangunan dan pembinaan fisik dan mental haruslah dimulai dari keluarga, maka pemberian nutrisi dan gizi yang baik pada anak haruslah dimulai sejak usia dini terutama saat dalam kandungan hingga usia balita dimana perkembangan fisik dan mental anak pada fase ini pesat sekali.”

Beliau menambahkan, agar generasi penerus Bangsa dapat diandalkan di masa yang akan datang, maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat yang diperlukan tetapi juga mempunyai mental dan prilaku atau akhlak yang baik. Asupan yang sehat dan bergizi bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak, serta kehalalan makanan pun sangat berpengaruh terhadap mental dan prilaku atau akhlak anak, pungkasnya.

Pantuan dilapangan, dalam acara ini Dinas Kelautan dan Perikanan yang bekerjasama dengan FORIKAN memberikan bantuan benih ikan kepada masyarakat Desa Rumbio, serta bantuan berupa kaos olahraga kepada seluruh siswa/siswi SDN Desa Rumbio.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Bupati Madina, Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, Anggota DPR RI, H. Gus Irawan Pasaribu, Ketua DPRD Madina, Hj. Lely Artati S.Ag, FKPD Kabupaten Madina, Ibu Ketua FORIKAN Kabupaten Madina, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Anggota DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis, Para Kepala SKPD Kabupaten Madina, Ketua Bhayangkari Madina, Ketua Persit Madina, Camat Panyabungan Utara, Para Tokoh Agama Desa Rumbio, Tokoh Masyarakat Desa Rumbio, serta masyarakat Desa Rumbio.(davy)

502total visits.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *