Ketua TP-PKK Ny Ika Desika Optimis : MADINA BEBAS MALARIA

IMG_1351

Panyabungan-BBNews

Ketua TP-PKK Mandailing Natal, Ny Ika Desika Dah lan Hasan Nasution, yang sudah melekat dengan panggilan “Bunda Madina” itu, sangat optimistis Bumi Gordang Sambilan ini akan terbebaskan dari serangan penyakit Malaria dengan berbagai terobosan-terobosan program yang akan dilakukannya bersama intansi terkait. Hal itu disampaikannya kepada BBNews via sosmed, Kamis malam (31/03)

Bunda Madina ini dengan semangat menginformasikan kepada BBNews, bahwa pada tanggal 25 April 2016 mendatang akan dilaksanakan acara Hari Malaria Se-dunia (HMS) di Panyabungan, dimana Menkes RI-Nila Moeloek Sp.M, akan langsung melakukan Teleconfrens kepada Bupati Madina dan masyarakat lainnya. “Kegiatan ini termasuk besar, karena akan kumpul perwakilan dari 5 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara (Batubara, Humbang Hasundutan, Nias Utara, Nias Selatan dan Madina sebagai tuan rumah) tumplek di Panyabungan sebagai pusat kegiatan yang dihunjuk” – ujarnya.
Selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Mandailing Natal, si Bunda Madina katanya merasa punya tanggung jawab moral untuk ikut serta berperan aktif untuk menjadikan Madina benar-benar terbebas dari penyakit Malaria. “TP-PKK akan menggandeng Dinas Kesehatan, Kantor Pusat Penanggulangan Malaria dan instansi terkait lainnya akan segera membuat kerjasama (MoU). Seluruh kekuatan, tenaga dan pikiran akan kita kerahkan, baik jajaran yang ada di Dinas Kesehatan sampai ke desa, jajaran Kantor Pusat Penanggulangan Malaria sampai ke desa, demikian juga halnya jajaran TP-PKK sampai ketingkat pedesaan beserta instansi terkait lainnya. Saya ingin, TP-PKK punya makna bagi masyarakat Madina, termasuk diantaranya dengan program pembebasan penyakit malaria ini” – katanya dengan nada yang optimistis.

Rangkaian acara Hari Malaria Sedunia itu, sebagaimana diutarakan si Bunda Madina, juga digelar di Medan bertempat di Hotel Grand Angkasa selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 4-6 bulan April ini oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan turut dihadirinya, lalu setelah itu akan langsung pulang ke Madina.

_MG_7360
Sekaitan dengan rencana mensukseskan kegiatan HMS itu, Ketua TP-PKK Madina itu juga sudah meminta bantuan kepada Dinas Kesehatan Pemkab Madina untuk membuat persiapan dan Baleho dengan ukuran besar yang bertuliskan “SELAMAT DATANG DI BUMI GORDANG SAMBIL AN, ANDA TELAH MEMASUKI KAWASAN BEBAS NYAMUK MALARIA” dipasang dibeberapa tempat, sebagai ajakan dan tanda kepada masyarakat luas agar ikut serta mendukung Madina bebas dari nyamuk malaria, juga sekaligus sebagai kebanggaan untuk Madina jika benar-benar nantinya bebas dari Malaria, jelasnya dengan semangat.

Keoptimisan Bunda Madina ini biasanya sangat bisa diyakini, karena disamping semangat beliau turut mengikuti acara HMS tingkat provinsi selama 3 hari dan telah bersatemen setelah itu akan langsung pulang ke Madina untuk bersosialisasi dengan masyarakat serta akan mengajak pihak-pihak terkait yang dianggap perlu bahkan sampai ke Kepala Desa untuk koordinasi sehingga semakin luas jangkauan masyarakat untuk lebih mengerti akan bahaya malaria dan peduli tentang kesehatan.
Perlu ditambahkan si Bunda Madina juga mengatakan akan bekerjasama dengan pihak Telkom untuk memberikan pelayanan SMS (pesan singkat) kepada masyarakat tentang bagaimana mencegah malaria tersebut sehingga akan memudahkan masyarakat Madina untuk berkonsultasi. (bmp)

IMG_2306

431total visits.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *