Operasi Narkoba 023/Kawal Samudra : Kodam I/BB Temukan 32 Hektar Ladang Ganja dan 45 Senpi Rakitan

Panyabungan (BB News)
Kali ini prajurit Kodam I/BB menemukan ladang ganja di daerah perbukitan Tor Sihite Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal setelah penemuan pertama yang dilakukan Batalyon 123/Rajawali.
Jika dijumlahkan dengan penemuan oleh prajurit Yonif 123 Rajawali pada 5 Mei lalu, total 32 ladang ganja beserta 45 senjata rakitan sudah ditemukan.
Penemuan ladang ganja ini berdasarkan informasi dari warga, yang langsung ditindaklanjuti personil Korem 023/Kawal Samudra bersama Bataliyon 123/Rajawali.
Perkembangan hasil yang pertama personil TNI Kodam I Bukit Barisan melalui Korem 023 Kawal Samudra menemukan 20 hektar ladang ganja pada 5 Mei lalu. Atas penemuan tersebut, personil TNI tidak berhenti sampai di situ saja. Akan tetapi terus melakukan penelusuran, sehingga kemarin, Senin (11/5), kembali mendapatkan ladang ganja.
Pasca penemuan ladang ganja itu, penelusuran terus dilakukan, pemilik maupun petani ganja hingga saat ini masih dalam pengejaran pihak TNI.
Kemudian prajurit menemukan 45 pucuk senjata api rakitan. Senjata-senjata itu ditemukan dari kawasan ladang ganja tersebut. Hasil keseluruhan, sebanyak 40 kilogram daun ganja, 500 batang ganja, serta 23 pucuk senjata api laras pendek rakitan dan 22 pucuk senjata api laras panjang rakitan disita dari lokasi dan dijadikan barang bukti.
“Operasi ini kita laksanakan sesuai perintah Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi. Beberapa waktu lalu, saat Pang-dam I/BB berkunjung ke Desa Pagur, banyak masyarakat mengadu akan keberadaan ladang ganja dan kepemilikan senjata api rakitan yang sudah sangat meresahkan,” ungkap Kasrem 023 KS Letkol Kaveleri Asep Ridwan melalui Kapenrem 023 Mayor Inf Idam Kholid.
Lebih lanjut Idam mengatakan, sejak Sabtu (2/5) kemarin, pihaknya sudah melakukan operasi teritorial kepada masyarakat yang tinggal di Kecamatan Panyabungan. Disebutnya, operasi teritorial itu di antaranya dilaksanakan pihaknya di Desa Huta Tua, Huta Baringin serta Sirangkap. Dalam operasi itu, dikatakannya, kalau pihaknya mensosialisasikan larangan akan tanaman ganja dan kepemilikan senjata api rakitan.
“Operasi itu dilakukan dalam rangka pembangunan desa. Baik itu untuk kemajuan pendidikan dan infrastruktur di desa. Oleh karena itu, tidak bosan kita sampaikan agar tidak menanam ganja dan menyimpan senjata api rakitan, karena hal itu sangat tidak mendukung pembangunan desa,” sambung Idam melanjutkan.
Sebelum mengakhiri, Idam mengaku kalau penyisiran terhadap ladang ganja di Kecamatan Panyabungan Timur ini masih terus dilakukan pihaknya. Bahkan, Idam menyebut, pihaknya menargetkan pemusnahan seluruh ladang ganja yang ada di Panyabungan Timur. Begitu juga dengan senjata api rakitan, Idam mengimbau warga untuk segera menyerahkan ke pihak berwajib. Bila dalam penyisiran ditemukan senjata api rakitan, disebutnya kalau pihaknya akan melakukan penindakan.
(kanas/bmp)

ber

507total visits.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *