Pemkab Madina Gelar: Rapat Koordinasi TPID se-Tabagsel

Panyabungan-BBNews
Rapat Koordinasi TPID atau Tim Pengendali Inflasi Daerah se-Tabagsel, berthemakan : “Dengan Rapat Koordinasi kita tingkatkan peran dalam mewujudkan sinergitas kebijakan dalam memperbaiki fundamental inflasi di wilayah Tabagsel.” Yang dilaksanakan di Tapian Siri Siri Syariah hari ini Kamis (20/10).

Jhon Amriadi kepala Bagian Perekononian Pemerintah Daerah Mandailing Natal selaku panitia mengatakan, Rapat Koordinasi TPID se-Tabagsel ini diselenggarakan berdasarkan keputusan bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesi, Nomor: 141/KMK/II/2007 dan Nomor: 9115/KEP.GBI/2007 tanggal 2 Maret 2007 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penetapan, Sasaran, Pemantauan dan Pengendalian Inflasi, serta Keputusan Bupati Mandailing Natal Nomor: 500/433/K/2016 tentang Tim Pengendalian inflasi Daerah Kabupaten Mandailing Natal,ucapnya.

Ditambahkannya, dimana harapan dalam rapat ini adalah, terwujudnya Koordinasi dan Sinergitas dalam penanggulangan inflasi Daerah di wilayah Tabagsel, terjaganya Inflasi di Daerah Tabagsel agar berada dalam kisaran sasaran Inflasi Nasional atau pada level yang bisa meningkatkan daya saing produk serta menjaga kesinambungan, pertumbuhan ekonomi Kawasan,ujarnya.

Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam arahannya pada pembukaan Rakorda TPID ini mengakui, terciptanya Inflasi yang rendah dan stabil pada gilirannya akan meningkatkan daya saing dan dapat lebih menjamin kesinambungan pertumbuhan ekononi, namun berbagai permasalahan struktural yang masih terjadi seperti konektivitas antar daerah yang rendah, struktur pasar yang terdistorsi, kesenjangan informasi harga dan produksi komoditas menyebabkan pergerakan inflasi sangat rentan berfluktuasi.

Oleh karena itu papar Dahlan Hasan Nasution, upaya pengendalian Inflasi tidak akan pernah terlepas dari upaya menjaga ketersediaan barang dan jasa, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif untuk mengelola persepsi masyarakat terhadap harga sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia dalam Rakornas TPID ke VI di tahun 2015.

Bupati Mengharapkan, dengan Rakorda ini dapat mempererat kerja sama antara daerah sehingga upaya pengendalian Inflasi seperti yang diinginkan yaitu berada pada kisaran sasaran Inflasi Nasional dapat dicapai. Sehingga tujuan menciptakan masyarakat yang maju dan sejahtera yang berdaya saing bisa kita wujudkan bersama,pungkasnya sambil membuka Rakorda.
Dalam Rapat Koordinasi TPID ini dihadiri, Ketua TPID Tabagsel, Ketua KTNA, HKTI Madina, dari Bank BRI, Mandiri, BNI dan Bank Sumut, kepala SKPD serta Perwakilan Pemerintah Daerah se-Tabagsel.

Perlu diketahui, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sibolga Muhammad Junaifin hadir dalam rapat, Perum Bulog Sub Divre IV Padang Sidimpuan Jajad Sudrajat, Dinas Pertanian Kabupaten Madina, Dinas Kelautan dan Perikanan Kanupaten Madina, Disperindag Kabupaten Madina, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madina, sebagai pemateri dalam rapat tersebut, dan dihadiri lebih kurang 100 orang peserta rapat.(davy)

478total visits.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *