Pemkab Madina : Laksanakan Insflansi Serentak se – Kab. Madina Tahun 2016

Madina-BBNewsmadina.com

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melaksanakan Insflansi serentak di seluruh Kabupaten Mandailing Natal tahun 2016, Pelaksanaan Inflansi serentak ini melalui Kantor Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan KB Kabupaten Mandailing Natal yang bekerjasama dengan Puskesmas-Puskesmas yang ada di 23 Kecamatan Kabupaten Mandailing Natal, Kamis, (27/10).

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan KB, Dra.Rinawati kepada BBNews mengatakan, pelaksanaan Insflansi serentak se- Sumatera Utara ini dan kita khususnya di Kabupaten Mandailing Natal ini telah bekerjasama dengan seluruh Puskesmas yang ada di 23 Kecamatan Kabupaten Mandailing Natal,Insflansi ini  bertujuan untuk mengurangi angka kelahiran bagi Ibu, supaya Ibu dan anak sehat, dan pelayanan insflansi ini sesuai dengan program Pemerintah Pusat, dan pelayanan ini kita laksanakan satu hari penuh, ujarnya.

“Adapun jumlah yang ditargetkan di Kabupaten  Mandailing Natal (Madina) yaitu 700 apsektor Insflansi kepada 700 orang peserta yang dibagi secara bervariasi pada setiap Kecamatan dan Desa di Kabupaten Madina. Insflansi serentak ini dilaksanakan 3 tahun sekali hanya saja peserta yang aktif harus di periksa dulu oleh pelayan-pelayan KB kita. dimana pada pelayanan insflansi serentak ini ada kekurangan obat itu akan kita tanggulangi memakai APBD kita, dan untuk peralatan insflansi ini kita mendapatkan bantuan yang di datangkan dari Pusat dengan memakai anggaran APBN,” paparnya.

Lanjut Rina, Dalam pelaksanaan pelayanan insflansi serentak ini, nampaknya masyarakat kita sangat antusias dan tulus ikhlas untuk pemasangan insflansi tersebut, dan masyarakat kita pun nampaknya sudah faham apa maksud dan tujuan program KB tersebut.  Setelah selesai pemasangan Insflansi serentak ini, Pemerintah Daerah akan memberikan Piagam Penghargaan dari Bupati Mandailing Natal kepada Puskesmas-Puskesmas yang ada di 23 Kecamatan Kabupaten Mandailing Natal, baik itu unggulan maupun tidak unggulan, pungkasnya.

Saat peninjauan langsung kami dilapangan, terlihat peserta KB Inflansi sangat antusias. Contohnya yang di pusatkan di Puskesmas Panyabungan Jae yang di kordinator ibu Eva Diana Hsb, Am.Keb bekerja sama dengan Kapus Panyabungan Jae target yang di tetapkan 100 orang, namun yang mendaftar mencapai 200 orang.

Terlihat Dra. Rinawati saat meninjauan pemasangan Insflansi di Puskesmas Panyabungan Jae
Terlihat Dra. Rinawati saat meninjauan pemasangan Insflansi di Puskesmas Panyabungan Jae

Begitu juga yang di Kecamatan Panyabungan Utara, Dr .Emi selaku Kapus Panyabungan Utara mengatakan kepada BBNews, “tujuan Insflansi ini adalah untuk menurunkan angka kelahiran, jadi kita disini memberikan KB Insflansi gratis kepada masyarakat terutama kepada masyarakat wanita usia subur untuk menjarangkan jarak kelahiran dan untuk menunda kehamilan. Dan masyarakat sangat merespon baik pelayanan Insflansi ini, dimana peserta yang kita targetkan sebanyak 35 orang, namun peserta yang mendaftar saat ini sudah mencapai 70 orang lebih,”ujarnya.

Dra. Rinawati didampingi Dr.Emi meninjau pemasangan di Puskesmas Panyabungan Utara
Dra. Rinawati didampingi Dr.Emi meninjau pemasangan di Puskesmas Panyabungan Utara

Sedangkan di Kecamatan Bukit Malintang, Desa Sihepeng dan Kelurahan Simangambat yang ber pusat di Kecamatan Siabu, yang di Koordinatori Anisah Nur Lubis. Am.Keb, bekerja sama dengan Kapus Siabu Dr. Saleh Husman menetapkan target sebanyak 80 Orang, namun yang mendaftar tercatat  200 Orang, hal itu jelas jauh melebihi target yang ditetapkan, hal ini menunjukkan begitu antusiasnya masyarakat dalam hal pelayanan insflansi ini,” ungkap Saleh.

Dra. Rinawati Didampingi Dr. Saleh berfose bersama dengan pelayan-pelayan KB di Puskesmas Siabu
Dra. Rinawati Didampingi Dr. Saleh berfose bersama dengan pelayan-pelayan KB di Puskesmas Siabu

Adapun tanggapan warga yang ikut mendaftar sebagai peserta Inflansi mengaku bersyukur dengan adanya program  tersebut.

“Tentu kita (masyarakat-red) merasa bersyukur dengan program Pemerintah ini, apalagi pelayanannya sangat memuaskan,” ungkap salah seorang peserta KB kepada wartawan.(davy)

399total visits.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *