Dinas Lingkungan Hidup Madina Kunjungi TPA Kota Sibolga

IMG 20191213 004030

Para petugas Dinas Lingkungan Hidup Madina bersama Mahasiswa dan beberapa masyarakat saat meninjau TPA sampah Kota Sibolga, Selasa (10/12). (Foto:DN)

bbnewsmadina.com, Dinas Lingkungan Hidup Mandailing Natal lakukan kunjungan kerja untuk meninjau langsung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Sibolga, Selasa (10/12).

Dimana kunjungan kerja Dinas Lingkungan Hidup Madina didampingi oleh beberapa Mahasiswa dan juga beberapa masyarakat yang disambut hangat oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman, Lingkungan Hidup Kota Sibolga dan langsung bergerak meninjau lokasi TPA tersebut.

TPA Kota Sibolga adalah merupakan salah satu TPA yang tertata rapi di Sumatera Utara, dalam tiga ditahun yang lalu TPA ini disullap begitu rapi dan tidak berbau busuk. Di TPA ini juga terdapat Kantor TPA, Tempat Ekowisata untuk edukasi seperti, taman bunga, dan taman hewan, dan juga terdapat Bank Sampah, serta Tempat pencucian mobil yang luasnya hanya dua hektare.

Kasi Pengolahan Sampah Kota Sibolga, Aron Silitonga mengatakan, “di TPA ini terdapat pengolahan kompos, ada juga ekowisata untuk edukasi, ada juga taman bunganya, disini juga bisa belajar pengolahan sampah khususnya sampah organik yang menghasilkan nilai ekonomi.”

“Di TPA kita ini juga terdapat gedung pengolahan kompos, dimana sampah organik tersebut kita olah menjadi kompos, dan itu bisa kita hasilkan dalam satu bulan sebanyak satu setengah ton kompos,” ujarnya.

Lanjut Aron, “Di TPA ini juga ada doorsmer, bengkel, kantor, dan juga bank sampah. Dimana bank sampah ini kita dirikan pada tahun ini oleh kelompok swadaya masyarakat dan di bank sampah ini dilengkapi dengan mesin pencacah sampah, mesin pengaduk kompos, mesin pengayak kompos, dan juga mesin pres sampah.”

“Dan dari hasil timbunan sampah di TPA ini, sudah kita salurkan menjadi gas metan, sebanyak enam belas titik yang bisa menghasilkan api dengan skala kecil,”pungkasnya.

Sementara itu Kadis Lingkungan Hidup Madina yang diwakili Kabid Pengolahan Sampah, Abdul Holik Nasution mengatakan, “ini adalah merupakan studi banding kita ke Kota Sibolga, untuk melihat langsung TPA nya yang begitu bagus dan tertata. Yang akan menjadi catatan bagi kita untuk mencobanya di Madina dengan beberapa kriteria.”

“Dalam peninjauan ini dengan artian apabila kita mau TPA kita bisa kita ubah, seperti yang disampaikan pak Aron tadi, perubahan awal ini semua dengan dana pribadinya. Maka dari itu TPA kita juga harus bisa berubah dengan bantuan-bantuan dari beberapa elemen,” harapnya. (DN)

IMG 20191210 150912

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)