Dinas PMD Gelar Kegiatan LP3 PKK Madina 2019

IMG 20191213 145757
Ketua TP PKK Madina, Ny Ika Desika Dahlan Hasan saat berpidato dalam pembukaan acara kegiatan LP3 PKK Madina yang diadakan Dinas PMD Madina, diaula Hotel Rindang Kelurahan Dalan Lidang Panyabungan, Jum’at (13/13).(Foto:LBS)

bbnewsmadina.com, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Madina melaksanaan latihan Pengelola Program dan Penyuluh (LP3) pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga Kabupaten Madina tahun 2019.

Acara yang digelar di aula hotel rindang Kelurahan Dalan Lidang Panyabungan, Jum’at (13/12) ini dihadiri Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution yang diwakili Sekdakab Madina, Gozali Pulungan, Ketua TP PKK Madina, Ny Ika Desika Dahlan Hasan, Kepala Dinas PMD Madina, Ikbal Nasution, Camat dan seluruh anggota tim PKK Kabupaten dan Kecamatan.

Ketua Pokja II TP PKK Madina, Fitrisna Lubis dalam laporannya saat pembukaan acara pelatihan menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan LP3 berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 99 tahun 2017 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Kemudian permendagri Nomor 1 tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Permendagri Nomor 411.4.3514 tahun 2016 tentang pengesahan keputusan ketua umum tim penggerak PKK tentang hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015. Dan keputusan Bupati Madina Nomor 411.4/K/2019 tentang panitia dan narasumber latihan pengelola program dan penyuluh PKK Kabupaten Madina tahun 2019.

Fitrisna juga menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota tim penggerak PKK. Membangun persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan gerakan PKK di Kabupaten Madina. Memperkuat kelembagaan tim penggerak PKK secara berjenjang dan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan 10 program PKK.

“Untuk peserta diikuti sebanyak 170 orang terdiri dari 30 TP PKK Kabupaten, 138 orang TP PKK Kecamatan yang terdiri dari 6 orang perwakilan perkecamatan dengan unsur Ketua, Sekretaris dan ketua Pokja 1 sampe dengan IV. Dan untuk narasumber menghadirkan Wakil sektetaris tim PKK Provsu, Drs Rukhyat dan M. Fadly Nugraha M. Psi dari fakultas Psikologi Universitas Medan Area (UMA) Medan”.jelasnya.

Ketua TP PKK Madina, Ny Ika Desika Dahlan Hasan dalam pidatonya menuturkan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tim penggerak PKK dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dilapangan. Lalu agar TP PKK Madina juga mempunyai pengetahuan dan kemampuan mengelola program dan mempunyai ketrampilan salam memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Untuk itu lanjutnya, saya berharap agar para peserta aktif mengikuti LP3 PKK ini. “Banyak-banyaklah bertanya jntuk menggali informasi dari narasumber sehingga pengetahuan kita di bidang kelembagaan, program, administrasi maupun pelaksanaannya makin berkembang dan sejalan dengan tuntutan kemajuan serta perkembangan kebijakan pemerintah dan PKK unruk terwujudnya keluarga sejahtera”.tegasnya

Sementara Sekdakab Madina, Gozali Pulungan yang membacakan pidato Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution menyatakan apresiasinya kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah yangvtelah ikut berperan dalam peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat di Kabupaten Madina.

“Pemahaman tim penggerak PKK terhadap program PKK merupakan faktor pertama dan mendasar, karena didalam melaksanakan 10 program PKK selalu memanfaatkan potensi wilayah seperti lingkungan, SDA, SDM dan prasarana yang ada serta pelaksanaannya senantiasa mengikutsertakan masyarakat secara aktif mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemeliharaan serta pengembangan hasil-hasilnya” ujarnya

IMG 20190821 WA0010 1

Oleh karena itu tambahnya, pemerintah Kabupaten Madina akan terus memberikan perhatian dan mendorong gerakan PKK dan kelembagaan lainnya agar dapat berkembang dan melaksanakan tugas pokoknya. Dan bersama-sama dengan pemerintah untuk memberhasilkan pembangunan keluarga dan masyarakat di kabupaten Madina.

Kemudian Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dalam pidatonya juga berpesan agar para peserta latihan supaya berperan aktif dan memanfaatkan latihan ini untuk memperoleh sebanyak mungkin pengetahuan dan ketrampilan. (LBS)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)