Fraksi Hanura Tanggapi Penertiban PKL di Sidimpuan

 

bbnewsmadina.com, Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dilakukan Pemerintah Kota Padangsidimpuan memperoleh tanggapan positif dari Fraksi Hanura DPRD setempat yang mengharapkan terus digelar dan menempatkan Petugas Satpol PP dan Dishub khususnya di seputaran Jalan Thamrin, Patrice Lumumba 1 dan 2 pusat Kota Padangsidimpuan.

Hal itu terungkap dalam nota jawaban Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH atas pandangan fraksi Hanura pada rapat paripurna DPRD, Senin (23/11/ 2020).

“Kami akan menginstruksikan Satpol PP dan Dinas Perhubungan melakukan penertiban. Menginventarisir dan mengklasifikasi pedagang kaki lima dengan menerapkan aturan untuk pengoptimalan pasar yang sudah ada,” ungkap Irsan.

Sementara itu, pantauan di lapangan pada hari itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang Sidimpuan, bersama Dinas Perhubungan, Dan Dinas Koperasi Dan Perdagangan melakukan Patroli Pedagang Kaki Lima (PKL) di ruas-ruas jalan protokol yang dijadikan fokus utama dalam tahap awal penertiban.

Para petugas penegak perda memberikan sosialisasi kepada para pedagang yang masih ditemukan berjualan menggunakan badan jalan ataupun diatas trotoar.

Kabid PPUD Satpol PP Kota Padangsidimpuan, Sadiqin Akhmad Siregar, S.Sos menyampaikan, pihaknya tidak akan pernah bosan melakukan patroli selama masih ada pedagang yang nakal dan nekad berjualan ditempat-tempat yang dilarang menurut Perda.

“Kegiatan rutin, patroli di sepanjang jalan Protokol di wilayah Kota Padangsidimpuan sekaligus sosialisasi, namun kedepan tim akan lebih tegas kepada para pedagang dengan akan menerapkan operasi yustisi sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 41 Tahun 2003 tentang Peruntukan Dan Penggunaan Badan Jalan. Dan Perda No. 08 Tahun 2005, tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL di Kota Padangsidimpuan,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah sering kali sosialisasi, pelaksanaan perda Perda tersebut dan dilihat dari hasil patroli hari itu para pedagang memang terlihat mulai sadar. Di sepanjang Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman dan Jalan Sutan Soripada Mulia, hanya terciduk beberapa pedagang yang masih mangkal di trotoar. Dan itupun langsung di berikan pengarahan dan langsung diminta pindah, ungkap Sadiqin. (Ty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *