Gordang Sambilan Masuk Rekor MURI

foto : Manager Muri Ridho Al Amin foto bersama usai menyerahkan piagam kepada Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution di saksikan Dir Binmas Polda Sumut Kombes. Pol.Yusuf Hondawantri Naibaho.SH.M.Si., Wakil Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution Kapolres Madina, Ketua TP PKK Madina Ketua DPN BMIR Rouli, rabu (7/8) di Taman Raja Batu Perkantoran Payaloting kantor Bupati Madina. (JBL)

bbnewsmadina.com, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memecahkan rekor Moseum Rekor Dunia Indonesia (MURI) penabuh gordang sembilan terbanyak di Taman Raja Batu komplek Perkantoran Bupati Madina pada acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan festival suara Madina, rabu (7/8).

Pemecah rekor MURI tersebut di ikuti 24 Grup Gordang sambilan atau 360 pemain yang menabuh gordang sambilan secara bersamaan dari 23 Kecamatan dan Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal.

“Kembali MURI menyaksikan sebuah peristiwa yang superlatif yang di mana MURI menyaksikan pagelaran gordang sambilan terbanyak,”  kata ketua MURI Indonesia melalui Manager Muri Ridho Al-Amin kepada awak media.

Ia menyampaikan, MURI menghitung ada 24 Grup Gordang sambilan yang di mainkan secara bersama-sama di Kabupaten Mandailing Natal.

Muri sangat mengapresiasi sekali seluruh budaya Indonesia, khususnya Budaya Mandailing yaitu Gordang sambilan ini,”ucapnya.

Dan Muri tidak hanya mencatat rekor ini sebagai Rekor Indonesia melainkan sebagai rekor Dunia, karena menurut catatan kami belum pernah ada di belahan planet bumi ini kecuali di Indonesia khususnya di Kabupaten Mandailing Natal pagelaran gordang sambilan terbanyak,”ujarnya.

Untuk kategori penilaian, MURI melakukan penilian dengan terbesar, terkecil dan terbanyak. Yang kita saksikan tadi bahwa itu gordang sembilan terbanyak yang merupakan kategori kesenian,”jelasnya.

Sementara Bupati Mandailing Natal Drs Dahlan Hasan Nasution kepada wartawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas tercapainya Rekor MURI.

Agar prestasi yang baru saja diraih membuat pemicu bagi pemuda di Madina sehingga Gordang Sembilan di Madina dapat dilestarikan.

“Pemuda Madina Harus giat berkaraya untuk mecapai masa depan hingga ke Nusantara maupun ke belahan dunia,”katanya.

Sementara itu Kapolda Sumut diwakili Dirhumas menyampaikan apresiasi yang sebesar kepada masyarakat Madina dan agar rekor MURI ini dapat selalu di tingkatkan.

Piagam penghargaan MURI tersebut di serahkan langsung Manager Muri Ridho Al Amin kepada Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution di saksikan Dir Binmas Polda Sumut Kombes. Pol.Yusuf Hondawantri Naibaho.SH.M.Si., Wakil Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution Kapolres Madina, Ketua TP PKK Madina, Ketua DPN BMIR Rouli, Tokoh Adat dan Undangan lainnya. (LBS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *