Gubsu Buka Pra-Musrenbang Zona Pantai Barat Di Madina

IMG 20200220 WA0022

Gubernur Sumatera Utara bersama Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Musthofa Nasution, dan Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution foto bersama dengan para penerima bantuan lima unit motor sampah dan penerima sertifikat tanah, Kamis (20/02) (Foto: Istimewa)

bbnewsmadina.com, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi buka Pra Musrenbang Wilayah Pantai Barat tahun 2020, digedung serbaguna, Panyabungan, Mandailing Natal, Kamis, (20/02).

Pra-Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumut tahun 2021, yang dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah Zona Pantai Barat.

Ikut bersama Gubsu yakni Harun Mustafa Nasution Wakil Ketua DPRD Sumut, Ria Telaumbanua Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Abdul Haris Lubis Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut, Asisten Administrasi Pemerintahan Arsyad Lubis, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Binsar Situmorang, Dahler Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada kesempatan tersebut memberikan arahan agar Pra Musrenbang ini mampu melahirkan program-program yang bermanfaat untuk rakyat.

“Dalam pembangunan harus ada perencanaan kegiatan, yang dimana nanti sewaktu Musrenbang semua permasalahan kita sudah terjawab. Perencanaan yang ada di Kabupaten/Kota nanti akan kita sinkronkan ke pembangunan provinsi, sehingga apa yang kita kerjakan bermanfaat untuk rakyat kita,” ucap Edy.

Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan persiapan pemantapan pelaksanaan Musrenbang Provinsi Sumut, untuk Sumut sendiri pra-Musrenbang dibagi menjadi 4 zona wilayah, yakni Zona Pantai Barat, Zona Pantai Timur, Zona Dataran Tinggi dan Zona Kepulauan Nias.

Gubsu juga memaparkan evaluasi kinerja makro ekonomi dan sosial Provsu, yang menunjukan bahwa pada tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Sumut tumbuh sebesar 5,22 % dan berada diatas pertumbuhan nasional yaitu sebesar 5,02 %.

“Ini mengindikasikan bahwa ekonomi Sumut relatif tangguh terhadap berbagai dinamika perubahan dan tantangan ekonomi global, di tahun 2021 ekonomi Sumut ditargetkan tumbuh5,3-5,7 % dengan rata rata pertumbuhan dari Kabupaten/Kota wilayah Pantai Barat sebesar 5,79 persen,” tukasnya.

Dia juga mengarahkan kedepannya  pembangunan Provsu tahun 2021 fokus ditujukan pada peningkatan kompetisi sumberdaya manusia unggul, perluasan akses pendidikan menengah, konektivitas antar pusat pertumbuhan wilayah dan pusat pusat produktivitas, peningkatan jangkauan layanan kesehatan dan peningkatan nilai tambah sektor agraris dan pariwisata.

“Banyak hal yang kita inginkan, banyak hal yang kita cita citakan, semuanya harus kita dasarkan untuk mensejahterakan rakyat, Saya harap semua bupati harus datang pada musrenbang nanti, dan menjabarkan ke saya apa perencanaaan pembangunan, apa yang menjadi prioritas, kalau tak mau datang berarti tak mau maju kabupaten/kotanya,” tegas Edy.

Hal senada juga dikatakan Bupati Madina, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution mengaku akan siap berbenah salah satunya dengan mengembangkan industri pariwisata.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur yang sudah bersedia hadir dan membuka acara Pra-Musrenbang ini, dan tahun ini Mandailing Natal menjadi tuan rumah dari Pra Musrenbang zona Pantai Barat tahun 2020, untuk bapak gubernur ketahui bahwa kedepanya kita berfokus untuk mengembangkan pariwisata, salah satu langkahnya dengan pembangunan Bandara Bukit Malintang,” ungkap Dahlan.

Pantauan di lokasi, setelah membuka acara Pra-Musrenbang tersebut, Gubernur Sumatera Utara pun menyerahkan bantuan berupa lima motor sampah dan menyerahkan sertifikat tanah kepada Pemkab Mandailing Natal untuk pembangunan Bandara Bukit Malintang. (DN)

IMG 20200220 172943

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)