Gugus Tugas Covid -19 Pantau 199 Orang  Perjalanan Dari Luar Daerah Di Padangsidimpuan

Peta grafik pemantauan Gugus Tugas PP Covid-19 Kota Padangsidimpuan terhadap Pelaku Perjalanan per Rabu (25/3) pukul 12:00.

bbnewsmadina.com, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kota Padangsidimpuan, hingga Rabu (25/3) pukul 12:00, telah memantau 199 orang Pelaku Perjalanan luar daerah yang masuk ke kota itu.

Keseluruhan Pelaku Perjalanan itu menjalani pemantauan lewat observasi yang dilakukan tim Gugus Tugas dan tenaga kesehatan Puskesmas terdekat. Mereka membuat pernyataan tertulis akan mengikuti panduan protokol isolasi diri sendiri sebagaimana Surat Edaran Menteri Kesehatan HK.02.01/MENKES/202/2020.

Adapun 199 Pelaku Perjalanan itu, sebanyak 16 orang telah kembali ke tempat asal mereka di Jakarta. Kemudian satu orang dinyatakan bersih dan telah selesai menjalani masa observasi.

Dengan demikian, maka pada Rabu (25/3) pukul 12:00, jumlah Pelaku Perjalanan yang menjalani observasi di Kota Padangsidimpuam tinggal 182 orang lagi. Antara lain warga yang baru pulang dari Thailand untuk keperluan belanja barang dagangan, dan yang dari Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kemudian ada lagi warga yang baru pulang dari Jakarta, Medan, Bandung dan Yogyakarta. Seperti Rabu (25/3) dini hari, seorang warga Kec. Padangsidimpuan Tenggara pulang kampung karena libur kuliah di Yogyakarta. Sebelum ke rumahnya, wanita berhijab itu melaporkan kedatangannya ke Posko Gugus Tugas PP Covid-19 di kantor Wali Kota Padangsidimpuan.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution yang juga Pengarah Gugus Tugas PP Covid-19 kepada BBNews mengungkapkan apresiasinya untuk aparatur pemerintah daerah di tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan. Karena ‘jemput bola’ dan gencar mensosialisasi pencegahan Corona di lapangan.

Apresiasi juga disampaikannya kepada warga yang melaporkan ketibaan diri dari luar negeri dan daerah lain di Indonesia.

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakat kita untuk bekerjasama mencegah Covid-19 masuk ke kota ini cukup tinggi,” ujar Irsan.

Saat memberikan keterangan, Irsan yang juga Pengarah Gugus Tugas PP Covid-19 didampingi oleh Ketua Gugus Tugas Ali Ibrahim Dalimunthe, Kepala Dinas Kesehatan Sopyan Subri dan Kepala Dinas Kominfo Islahuddin Nasution.

Terkait data yang terus bertambah, Irsan berharap tidak membuat resah dan panik masyarakat. Sebab, jumlah ini akan terus bertambah sering bertambahnya warga yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah.

Adapun up grade data terbaru Gugus Tugas PP Covid-19 Kota Padangsidimpuan ialah, di Kec. Padangsidimpuan Utara, Puskemas Wek I memantau 17 Pelaku Perjalanan dan Puskesmas Sadabuan 9 orang.

Di wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Puskesmas Padangmatinggi 46 dan Puskesmas Sidangkal 28 orang. Di wilayah Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Puskesmas Pijorkoling 44 dan Puskesmas Labuhan Rasoki 7 orang.

Di wilaya Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Pelaku Perjalanan yang dalam pantauan Puskesmas Batunadua 20 orang. Di Kecamatan Padangsidimpuan Angkolà Julu, Puskesmas Pokenjior memantau 12 orang. Sedangkan Puskesmas Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru 16 orang. (Ty)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *