Irsan Efendi Nasution, “Angkola Julu Jadikan centra Bawang dan Cabai”

WaliKota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution didampingi Kadis Pertanian Parimpunan Siregar saat panen perdana Bawang Merah dan Cabai Merah di Desa Joring Natobang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Rabu (12/2). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Kecamatan Angkola Julu dengan luas 146,85 Km2 dan 260 – 1100 m Diatas Permukaan Laut Di terletak di kaki Gunung Lubuk Raya dengan iklim yang cocok sebagai lahan pertanian dan berhasil membudidayakan Bawang Merah dan Cabai Merah.

Diantara Desa yang ada di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu yakni Desa Joring Natobang, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengunjungi Desa tersebut dalam rangka panen perdana tanaman Bawang Merah dan Cabai Merah, Rabu (12/02).

Wali Kota Padangsidimpuan disambut antusias oleh masyarakat Angkola Julu, dengan margondang oleh naposo naulibulung binaan Desa Joring Natobang (Andi Ariyanto Harahap Kepala Desa).

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pada kesempatan itu menyampaikan rasa bahagianya atas penyambutan masyarakat dengan suasana yang sejuk, rasanya seperti pulang kampung.

”Melalui Dinas Pertanian, sinergitas dengan pemangku kepentingan di Angkola Julu ini bisa memaksimalkan sumber daya alam yang kita miliki, dengan luas lahan 2500 m2 menghasilkan 1 ton bawang, bila harga bawang di pasaran Rp.25.000/Kg. Maka yang didapatkan petani sebesar Rp.25.000.000, dengan biaya produksi termasuk upah, sebesar Rp.10.000.000. Maka yang dihasilkan petani Rp.15.000.000 bersih dalam waktu 2 bulan,” ujar Wali Kota Padangsidimpuan.

Beliau menambahkan, Padahal sebelumnya dengan lahan yang sama digunakan untuk menanam padi, hanya menghasilkan 90 Kaleng, dengan harga Rp.50.000/kaleng, maka yang didapat hanya Rp.4,500.000 dengan membutuhkan waktu 4 Bulan untuk panen.

“Kita bersyukur Angkola Julu ini cocok untuk budidaya Bawang Merah, kita ingin Angkola Julu menjadi centra produksi Bawang untuk kebutuhan pasar di Kota Padangsidimpuan dan serkitarnya. Dengan upaya dan ikhtiar kita dalam menjaga inflasi di Kota Padangsidimpuan, dimana komoditas Bawang Merah yang cukup fluktuatif menjadi salah satu penyebab inflasi daerah.”

“Kita berharap dengan panen perdana ini dapat memotivasi masyarakat petani untuk memulai mengalihkan lahannya untuk berfokus pada komoditas bawang merah dan tanaman cabai ini,” tukas Irsan.

Turut hadir pada panen perdana tersebut, Anggota DPRD Feryansyah Hasibuan, Kadis Pertanian Parimpunan Siregar, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Nurcahyo Budi Soesetyo, Camat Padangsidimpuan Angkola Julu Ridwan Ritonga, TNI, Polri serta Para Kepala Desa. (Ty)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *