Kadis Perdagangan Ridoan Pa 1000 Persuasif Tertibkan PKL

Kadis Perdagangan saat menertibkan PKL, Kamis (7/5). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Pemko Padangsidimpuan tertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) pusat pasar di Jalan Thamrin, Patrice Lumumba I dan II, Kamis (7/5). Selain untuk memperlancar lalulintas dan menata pedagang, penertiban ini juga bagian dari upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Penertiban dimulai sekira pukul 10:00, dipimpin Kadis Perdagangan Ridoan Pasaribu. Hal ini sejatinya melibatkan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan, namun hingga 13:30 hanya personil Dinas Perdagangan dan enam Satpol PP perempuan yang ada di lokasi.

Kadis Perdagangan hanya dibantu belasan orang untuk menertibkan pedagang yang menggelar lapaknya di badan jalan. Bertindak humanis, mereka membantu pedagang mengangkati barang dagangan dan menggeser tendanya.

Ironisnya, begitu pedagang kaki lima bergeser ke belakang, tiba-tiba belasan pengemudi becak bermotor masuk mengisi badan jalan yang kosong tersebut. Lalulintas kembali macet akibat parkir lapis dua dan tidak ada yang mengendalikannya.

Kadis Perdagangan harus turun langsung meminta pengemudi becak berpindah atau minimal ikut antrian satu baris saja. Beberapa pengemudi becak ternyata harus dipaksa agar menuruti aturan itu. Penertiban berlangsung aman walau hanya dikendalikan beberapa orang.

“Penertiban ini mengusung tiga misi utama. Pertama, penataan padagang kaki lima, kedua memperlancar arus lalulintas di inti kota, dan terakhir adalah mencegah penularan Covid-19 dengan cara jaga jarak antara satu sama lain,” kata Ridoan.

Kepada pedagang kaki lima di pusat pasar, Kadis Perdagangan meminta agar bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan pasar. Jangan gunakan badan jalan, karena akan membuat macet lalulintas pengendara yang nota bene juga calon pembeli.

“Paling penting dan utama adalah tetap waspada terhadap penularan virus corona. Tetap pakai alat pelindung diri ke pasar, seperti masker dan sarung tangan. Tetap cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak antara satu sama lain,” pinta Ridoan.

Sekira pukul 13:45, beberapa personil Dinas Perhubungan hadir di lokasi. Kemudian Kadis Perhubungan Yusnal Daulay hadir menyusul anggotanya, dan  datang juga beberapa personil Satpol PP laki-laki menemani perempuan yang bertugas sebelumnya.(Ty)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *