Karang Taruna Padangsidimpuan Gelar Pelatihan Ciptakan Petani Milenial

IMG 20191123 190805

Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan, Roby Ariyanto Napitupulu,SH (Foto : Ty) 

bbnewsmadina.com, Budidaya pertanian berkelanjutan menjadi program yang dianggap penting karena sudah menjadi agenda Nasional bahkan Internasional dengan terakomodasi pada SDG’s dan telah diatur Undang Undang Nomor 22 tahun 2019 tentang Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan.

Berkaitan dengan itu, Karang Taruna Kota Padangsidimpuan menggelar Pelatihan Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL), Pupuk Organik, dan Pestisida Nabati di Gedung Aula Fakultas Pertanian UGN tor Simarsayang, Sabtu – Minggu, (23 – 24 November 2019).

Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan Roby Ariyanto Napitupulu,SH mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan bertujuan agar para pemuda khususnya warga karang taruna, mampu mengaplikasikan ilmu yang di dapat di pelatihan ini untuk diri sendiri, keluarga maupun di terapkan di lingkungan masing masing.

“Kedepannya diharapkan tercipta Petani Milenial, yang mampu memaksimalkan kualitas juga kuantitas pertanian dan tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pembentukan kelompok tani di Desa / Kelurahan, akan kita aplikasikan pada lahan pertanian kelompok kelompok tersebut untuk Pembuatan MOL, Pupuk Organik Pestisida Nabati,” ujarnya.

Dikatakannya, Karang Taruna kedepannya akan berupaya mampu mengembangkan pertanian mulai dari hulu ke hilir, mulai dari pupuk, pestisida, bibit unggul, hasil panen, turunan dari hasil panen yang akan dipasarkan dalam bentuk produk turunan dari hasil pertanian tersebut.

Pada kesempatan itu, Roby juga menyampaikan terima kasih dan harapan kepada Pemerintahan Kota Padangsidimpuan selaku Mitra Karang Taruna, senantiasa mendukung kegiatan seperti ini, dan akan siap menjadi garda terdepan untuk ikut serta mewujudkan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan yaitu Padangsidimpuan Bersinar.

Sementara Ketua Panitia Pelatihan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan mengembangkan solusi alternatif disektor pertanian dalam pemenuhan sarana produksi pertanian (saprotan).

Selain itu, Karang Taruna berkomitmen dalam mengawal program pemerintah mewujudkan pertanian berkelanjutan (sustainability agriculture).

Peserta pelatihan adalah kalangan pemuda yang merupakan perwakilan dari organisasi kepemudaan baik internal dan eksternal Karang Taruna serta mahasiswa dari Fakultas Pertanian di UGN dan UMTS yang diharapkan setelah mendapat pelatihan ini, peserta ini mampu membuat MOL, Pupuk Organik dan Pestisida.

Tidak sampai disitu, peserta juga diharapkan mampu mentransfer ilmu terkait pertanian organik ini kepada petani disekitar mereka.

IMG 20190821 WA0010 1

Sistem pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan sistem on class (paparan materi) dan off class (demonstrasi) dengan menghadirkan narasumber,  Darwis H. Harahap, SP yang  juga ketua bidang Pertanian, perikanan dan perkebunan Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara.

Pelatihan ini dibuka oleh Walikota Padangsidimpuan yang diwakili Kadis Sosial dan di ikuti seluruh pengurus Karang Taruna Padangsidimpuan, para utusan Karang Taruna 6 Kecamatan, para utusan KNPI, HAMPAS, BEM UMTS, UGN dan dihadiri Pembantu Dekan 3 Fak.  Pertanian UGN, Parmanoan Harahap, SP, M.Hut. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)