Lima Nama Calon Pimpinan DPRD Sumut Akan Diajukan ke Mendagri, Nama Harun Mustafa Nasution Tercantum

IMG 20190930 220109
Photo: Calon Wakil Pimpinan DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution dari Partai Gerindra

bbnewsmadina.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) mengumumkan lima nama calon Pimpinan Dewan periode 2019-2024. Kelima nama tersebut akan dikirim ke Mendagri untuk ditetapkan. Salah satunya nama Harun Mustafa Nasution dari Partai Gerindra.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Sumut di gedung Dewan, Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (30/9).

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Sumut sementara, Baskami Ginting, diumumkan lima pimpinan dewan dari lima partai peraih kursi terbanyak di DPRD Sumut yakni PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PKS.

Lima nama calon untuk menduduki jabatan ketua dan wakil ketua itu merupakan usulan partai berdasarkan surat dari DPP Partai. Pengumuman dibacakan Sekretaris DPRD Sumut, Erwin Lubis, yakni untuk Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, sementara empat Wakil Ketua adalah Harun Mustafa Nasution (Gerindra), Yasir Rido (Golkar), Rahmansah Sibarani (Nasdem), dan Salman Alfarisi (PKS).

Dalam kesempatan itu, Ketua Sementara DPRD Sumut, Baskami Ginting mengatakan, nama-nama yang diumumkan tersebut nantinya akan dikirimkan ke Mendagri untuk ditetapkan.

“Setelah paripurna ini diberikan ke gubernur untuk dibuatkan surat pengantar ke Mendagri, baru nanti di SK-kan. Setelah itu baru diambil sumpah jabatan,” kata Baskami.

Dikatakan Baskami, sebelum ditetapkannya pimpinan dewan, maka DPRD Sumut hanya dimpimpin ketua sementara yang tidak memiliki wewenang mengambil keputusan.

“Kalau ketua sementara ada batasannya. Hanya memfasilitasi saja, pertemuan-pertemuan, tidak boleh mengambil keputusan,” ujarnya.

Baskami Ginting berharap penetapan tersebut dapat dilakukan secepatnya agar DPRD Sumut dapat segera bekerja. Diketahui lima partai politik peraih kursi terbanyak di DPRD Sumut untuk periode 2019-2024, yakni PDIP dengan 19 kursi, Gerindra 15 kursi, Golkar 15 kursi, Nasdem 12 kursi dan PKS dengan 11 kursi. (ZN)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)