Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 239 Membersihkan Makam Alm. Syeh Haji Abdul Muthalib Di Desa Manyabar Jae

 

bbnewsmadina.com, Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 239 membersihkan makam Alm. Syeh Haji Abdul Muthalib di desa Manyabar Jae Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal provinsi Sumatera Utara, Kamis (22/10/2020).

Terlihat begitu antusias mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh kelompok 239 yang terdiri dari Ahmad Daman Huri sebagai ketua, Dessy Aryanti, Saidal Ardiansyah, dan Benyamin Adventus Tampubolon sebagai anggota dalam melaksanakan kegiatan pembersihan makam Alm. Syeh Haji Abdul Muthalib yang merupakan salah satu ulama tarikat di kabupaten Mandailing Natal provinsi Sumatera Utara. Beliau lahir pada tahun 1874 M dan wafat pada tahun 1937 M, semasa hidupnya beliau berguru dan menyebarkan agama Islam di daerah Mandailing, khususnya di Desa Barbaran, Hutabargot, Mompang Jae, Laru, Tambangan, Simangambat, Bangkudu, Raorao, dan Siladang.

“Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kami merasa perlu dilakukan pembersihan makam Alm. Syeh Haji Abdul Muthalib apalagi beliau adalah salah satu tokoh yang menyebarkan agama islam di Mandailing Natal, Selain kita melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kita juga bisa beramal,” ujar Ahmad Daman Huri selaku ketua kelompok 239.

Tidak hanya membersihkan makam Alm. Syeh Haji Abdul Muthalib, mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) kelompok 239 juga membersihkan masjid yang tidak jauh dari tempat pemakaman tersebut.

Sedangkan salah satu perangkat Desa Manyabar Jae, Mubarok Matondang mengatakan, kami selaku warga dan aparat desa sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa dari Universitas Malikussaleh yang mau meluangkan waktunya untuk membersihkan makam Alm. Syeh Haji Abdul Muthalib dan masjid di Desa kami, mudah-mudahan bisa memotivasi kami sebagai masayarakat agar slalu menjaga kebersihannya untuk kedepannya,” ucapnya.

Dengan adanya kegiatan kebersihan ini dapat menumbuhkan rasa keperdulian masyarakat dan pemuda/pemudi kampung terhadap kebersihan lingkungan dan memotivasi masyarakat untuk slalu menjaga kebersihan lingkungan pemakaman khususnya di Desa Manyabar Jae. (DN)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *