Pemkab Madina Gelar HCTPS2 Di SDN 081

IMG 20191021 170017
Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution bersama Forkopimda dan pelajar saat cuci tangan pakai sabun secara serentak, senin (21/10) di SDN 081 Panyabungan Kabupaten Madina. (Foto : LBS)

bbnewsmadina.com, Bertempat di SD Negeri yang beralamat di Jalan Abri Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina).Pemerintah Kabupaten Madina memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HTCPS2), Senin (21/10).

Acara HTCPS2 tersebut dihadiri Bupati Madina, Drs dahlan Hasan Nasution, Ketua TP PKK Madina Ny Ika Desiska Dahlan Hasan Nasution, Forkopimda, Kepala Opd, Kepala Bank Syariah Mandiri, Kepala Sekolah, PMII Madina dan pelajar SDN 081.

Kadis Kesehatan Madina dr Syarifuddin Nasution dalam laporannya menyampaikan, kegiatan HCTPS ini di laksanakan tiga tempat yakni pertama di SD 081 Panyabungan, kedua di  SD 200 Tombang Bustak Kotanopan, ketiga SD Negeri di Kecamatan Muarasoma Kecamatan Batang Natal.

Dan acara Peringatan HCTPS mengakat tema “Tangan Bersih Untuk semua” ini sebagai bentuk kampanye perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),”ucapnya.

Tujuannya adalag melalui HCTPS menjadi mementum untuk meningkatkan semangat kepedulian komitmen dan gerakan nyata pembangunan kesehatan yang hatus terus di perjuangkan oleh seluruh komponen bangsa,”paparnya

Sedangkan Ketua TP PKK Madina Ny Ika Desiska Dahlan Hasan Nasution mengatakan, banyak manfaat yang di peroleh dengan mencuci tangan pakai sabun di antaranya terhindar dari penyakit diare, dan saluran pernapasan.

Melalui acara ini saya berpesan kepada orang tua agar dapat berperan mewujudkan kebiasaan masyarakat untuk mencuci tangan pakai sabun, minimal harus di lakukan sebelum makan, sehabis buang air besar,  sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makanan, setelah mencebok bayi dan kontak dengan hewan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa acara HCTPS2 ini merupakan program Pemerintah sekaligus juga program Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

Betapa besar arti dan makna dari peringatan acara HCTPS2 yang harus kita lakoni pada hari ini dan terutamanya bagi anak-anak kita pelajar ini. Makanya, acara HCTPS2 hari ini kita gelar di SDN 081 dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada Anak-anak kita ini harus hidup bersih”.sebutnya

“Sejujurnya saya ingin agar program ini tetap dilaksanakan menjadi keseharian di setiap sekolah untuk menjaga kebersihan. Bukan hanya di setiap peringatan saja di galakkan, tetapi program ini harus terus di tingkat”.harapnya

IMG 20190821 WA0010 1

Masih Dahlan, untuk mendukung program ini, tentu pemerintah harus menyiapkan fasilitas. Untuk itu saya minta kepada Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR Madina agar membuat fasilitasnya di sekolah-sekolah.

“Program ini juga harus kita tularkan ke rumah-rumah atau masyarakat. Untuk itu saya minta kepada Dinas PMD agar menggandeng tangan TNI dan Polri untuk mensosialisasikan ini”.tegasnya

Dahlan juga menambahkan, Jika tangan sudah bersih, dan jika mulut sudah bersih, maka hati kita juga harus bersih. (LBS)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)