Pemkab Madina Laksanakan Sosialisasi Kamtibmas di Kecamatan Siabu, Cegah Gangguan Keamanan Di Desa

IMG 20200716 155634

Kapolsek Siabu saat memberikan arahannya di acara sosialisasi Kamtibmas di gedung serbaguna Kecamatan Siabu, Kamis (16/07). (Foto:MS)

bbnewsmadina.com, Dalam rangka meminimalisir gangguan keamanan di Desa Sekecamatan Siabu, Pemkab Madina bersama Forkopimda laksanakan Sosialisasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kecamatan Siabu yang bertempat di Aula Gedung Serba Guna Kecamatan Siabu, Kamis (16/07).

Sosialisasi Kamtibmas tersebut di awali dengan sarahan hati oleh Ustazd H. Abdul Ba’ist Nasution Lc,Ma dalam ceramahnya mengajak kepada seluruh yang hadir untuk selalu memberikan pencerahan kepada seluruh Masyarakat, dan menghindari perselisihan yang dapat mengakibatkan perpecahan, karena didalam agama islam perpecahan itu sangatlah tidak baik, untuk itu bersama semuanya harus saling menjaga agar terhindar dari perbuatan jahat dan tidak baik, karena jika Desa aman dan tertib maka Masyarakat akan Nyaman dalam berusahan mencari nafkah, ungkap Al Ustazd H.A Ba’,ist Nasution Lc,Ma.

Sementara itu Bupati Madina, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution yang pada kesempatan kali ini didelegasikan kepada Asisten III Drs. Syahnan Batubara, MM menyampaikan titip salam dan permohonan maaf bapak Bupati karena belum dapat berhadir ditengah Masyarakat Siabu.

Syahnan Batubara juga mengungkapkan, Sosialisasi Kamtibmas ini didasari kesepakatan bersama Forkopimda bersama Tokoh Agama, Tokoh adat untuk turun bersama ke masyarakat di Desa – Desa untuk bersilaturahmi dalam usaha mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di Desa, dengan membawakan pesan – pesan pencerahan dan pemaparan terkait potensi gangguan kamtibmas akibat dari adanya provokasi dari sekelompok masyarakat yang tidak dapat dipertanggung jawaban.

“Melalui silaturahmi ini diberikan edukasi dan penjelasan kepada masyarakat tentang bahaya provokasi yang bertentangan dengan hukum, melalui silaturahmi ini juga dapatlah diketahui apa akar permasalahan yang ada di Desa sehingga kita dapat menyelesaikannya melalui Permusyawarahan di tingkat Desa.”

“Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal tidak menginginkan adanya kerugian ditengah masyarakat, untuk itu perlu diadakan silaturahmi dengan masyrakat Desa se Kecamatan Siabu guna menghindari adanya Provokasi yang mengakibatkan gangguan Kamtibmas di Desa,” ujarnya.

Sedangkan Kapolres Mandailing Natal AKBP Horas Tua Silalahi SiK, M.Si melalui Kapolsek Siabu IPTU A. Nasution menyampaikan, agar semua unsur untuk berembuk mencari solusi dalam setiap permasalahan agar semua nikmat yang ada dapat dinikmati dengan aman oleh semua masyarakat, bila ada yang bertentang dengan hukum dan ketentuan di Desa maka sebaiknya segera dimusyawarahkan ditingkat Desa.

“Jangan mudah terprovokasi oleh informasi dan keterangan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, jika tidak menemukan solusi ditingkat Desa maka disarankan untuk segera dibicarakan ditingkat Kecamatan.

“Untuk itu diharapkan agar Kamtibmas di Kecamatan Siabu tetap terjaga, tetap kondusif agar masyarakat tetap bisa beraktifitas dengan aman,” pintanya.

Mewakili Tokoh Adat Kabupaten Mandailing Natal, Sekretaris Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya Mandailing Natal Rachman Ali Nasution, SH menyampaikan, Mandailing merupakan sebuang Bangsa yang telah mewarisi adab dan adat serta budaya dari para Leluhur, beranjak dari itu semestinya setiap permasalahan yang muncul di Desa se Kabupaten Mandailing Natal selalu di selesaikan dengan Musyawarah sebagai mana telah diwariskan dalam adat dan budaya Mandailing di Kabupaten ini.

“Perbuatan anarkis itu tidaklah pernah diwariskan oleh Leluhur, maka kita harus selalu mengedepankan Musyawarah untuk mencapai kemufakatan.”

“Maka diharapkan setiap Pemerintahan Desa untuk memperhatikan Tokoh – Tokoh Adat di Desa sebagai mitra dalam berembuk menyelesaikan permasalahan ditingkat Desa, dan diharapkan juga kedepan dalam struktur Pemerintah Desa agar memuat unsur- unsur Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Muda yaitu Naposo Nauli Bulung,” lukasnya.

Sosialisasi Kamtibmas tersebut diikuti oleh 2 Kelurahan dan 6 Desa, yang meliputi Kelurahan Siabu, Kelurahan Simangambat, Desa Simaninggir, Desa Huraba I dan Huraba II, Desa Lumban Dolok, Desa Bonan Dolok, Desa Lumban Pinasa, dan Segenap Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopimcam) Siabu. (MS)

IMG 20200716 163340

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)