Pemkab Madina Segera Relokasi Pedagang Pasar Baru Panyabungan 

Foto : Kadis Perindag Madina, Jhon Amriadi saat dikonfirmasi Andalas diruang kerjanya, rabu (17/7).(JBL)

bbnewsmadina.com, Para pedagang di pasar baru panyabungan akan segera di relokasi ke tempat yang telah di sewa Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Madina, Jhon Amriadi kepada bbnewsmadina.com diruang kerjanya, rabu (17/7).

Jhon menjelaskan bahwa relokasi yang di siapkan Pemerintah Madina berada tepat di belakang Pasar Baru Panyabungan yang terbakar beberapa waktu yang lalu.

“Tahun ini, proses relokasi pedagang korban kebakaran pasar baru Panyabungan akan dilakukan. Dan terkait relokasi pedagang, Pemda sudah siapkan anggaran untuk sewa lahan yang lokasinya tepat dibagian belakang dan samping pasar baru Panyabungan”. ujarnya

Masih Jhon, selain lahan, Kementerian Sosial melalui Pemda juga membantu pedagang untuk membangun lapak dagangannya di lokasi relokasi tersebut nantinya.

“Untuk sewa lahan, Pemkab Madina telah mengalokasikan Anggaran sekitar Rp. 1.040.000.000 dari APBD tahun 2019 dengan rincian harga sewa sesuai kajian dari Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) dengan rincian Rp. 26.000 permeter”.jelasnya

Jhon juga menambahkan, saat ini proses pembayaran sewa lahan sudah berjalan 70 persen dengan pola perjanjian dengan pemilik tanah. Dan saat ini yang menjadi kendala yaitu ada sekitar 4 lokasi, dimana saat ini kita masih melakukan lobi terhadap pemilik lahan.

Kemudian, selain Anggaran untuk lahan relokasi, Pemkab Madina juga telah menyiapkan bantuan sosial untuk 1.066 pedagang Pasar baru Panyabungan sebesar Rp.5.000.000.000, yang ditampung di APBD 2019 pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Mandailing Natal,”tandasnya. (LBS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *