Pemkab Tapsel Raih Juara I Lomba Profil Daerah Investasi Tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara

IMG 20200904 WA0001

 

IMG 20201217 WA0026

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan berhasil meraih juara 1 (satu) lomba penulisan profil daerah Tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara yang digelar melalui via zoom meeting di ruang rapat Bupati Tapsel, Kamis (17/12).

bbnewsmadina.com Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan berhasil meraih juara 1 (satu) lomba penulisan profil daerah Tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara yang digelar melalui via zoom meeting di ruang rapat Bupati Tapsel, Kamis (17/12).

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH mengatakan, bahwasanya kegiatan yang di selenggarakan oleh Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, merupakan kegiatan yang sangat baik untuk memperkenalkan potensi daerah masing – masing yang ada di kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Seperti potensi yang ada di daerah kami (Tapsel) yaitu potensi di bidang pertanian, perkebunan, pariwisata begitu juga di bidang pertambangan. “Di bidang pertambangan Tapsel memiliki tambang emas di Batangtoru dan saat ini juga Investor sedang membangun Energy Baru Terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru yang melintasi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sipirok, Marancar dan Batang Toru.”

“Adapun para investor yang berpeluang masuk ke Tapsel harus menciptakan suasana yang kondusif, dalam melaksanakan perizinan harus tetap mematuhi regulasi yang berlaku serta harus tetap menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

Disamping itu, Syahrul juga mengatakan bahwa pada tanggal 21 Desember mendatang, Pemkab Tapsel akan menerima penghargaan di Bidang Penyelamatan Lingkungan berupa Kalpataru dari Pemerintah Pusat yaitu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Bagaimanapun juga pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan harus tetap terjamin demi kelestarian ekosistem yang ada untuk diwariskan kepada Anak Cucu kita di masa yang akan datang. Sehingga nantinya dalam menjaga lingkungan akan tumbuh secara bersama di tengah-tengah masyarakat. Karena dengan terjaganya lingkungan dan alam terjaga termasuk PLTA ini akan terjamin keberlangsungannya yang selalu membutuhkan air untuk terus mengalir sehingga energi listrik yang di hasilkan nantinya bisa di nikmati oleh masyarakat karena volume yang di hasilkannya cukup besar hingga 510 megawat.

Ini merupakan beberapa contoh bagaimana Tapsel memperkenalkan potensi daerah, sekaligus memberi kemudahan kepada investor lainnya. Sedangkan di bidang skala kecil Tapsel memiliki 36 Kelurahan, 212 Desa yang terdiri dari 15 Kecamatan.

“Pemkab Tapsel selalu terus mendorong pelaku UMKM untuk menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan, seperti halnya penghasil kopi yang saat ini cukup berkembang dan penghasil kopi di Tapsel ada dibeberapa kecamatan yaitu Kecamatan Sipirok, Marancar, Arse, Saipar Dolok Hole, Aek Bilah dan Angkola Timur begitu juga dengan home industri tenun dan batik Tapsel, yang pada kurun waktu tiga tahun ini sudah tumbuh dan berkembang dengan baik atas bimbingan Bank Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ibrahim mengatakan, bahwa lomba ini bertujuan untuk mengumpulkan partisipasi dari seluruh OPD dari mulai tanggal 9 sampai 30 November 2020. Antusias dari seluruh peserta lomba sangat besar, walaupun kegiatan ini baru pertama kami diselenggarakan di tahun 2020 ini.

Kami sadar upaya penggalian potensi daerah belum siap sepenuhnya, karena peluang investasi tersebut merupakan pekerjaan rumah yang tidak dapat segera di selesaikan. Perlu proses koordinasi yang erat dan tahapan – tahapan tertentu yang berkelanjutan. Oleh karena itu kami tetap mendukung upaya ini dengan menggelar lomba – lomba di tahun depan sehingga bisa memberi motivasi untuk kita semua.

Selanjutnya saya mengajak kepada kita semua agar tidak berhenti berkarya serta terus melaksanakan kerjasama demi kemajuan Sumatera Utara kedepan, ajaknya.

Adapun para pemenang lomba penulisan profil daerah Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Juara 1 Kabupaten Tapanuli Selatan, Juara II Kota Medan, Juara III Kabupaten Labuhanbatu Utara. Juara harapan I Kabupaten Nias Selatan dan Juara harapan II Kabupaten Tapanuli Utara. Sedangkan karya terfavorit jatuh kepada Kota Tebing Tinggi dan Karya terlengkap jatuh kepada Kota Gunung Sitoli.

Perlombaan tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Tersedianya Data dan Informasi Potensi Daerah Yang Komprehensif dan Aktual.” Turut mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Tapsel Parulian Nasution dan Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)