Pemko Padang Sidempuan Gelar Silaturahmi & Buka Bersama Dengan 180 Insan Pers

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution. SH saat menyerahkan bingkisan kepada perwakilan wartawan di aula Kantor Wali Kota, Rabu (26/04/22). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Pemerintah Kota Padang Sidempuan langsung dihadiri Wali Kota Irsan Efendi Nasution, menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama dengan 180 orang insan pers yang terdiri dari Pemimpin Redaksi, Redaktur, Kepala Biro, Kepala Perwakilan, wartawan dan reporter, Selasa (26/4/2022).

Bertempat di aula kantor Wali Kota Padang Sidempuan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Islahuddin Nasution menyebut kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

“Bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara Pemko Padang Sidempuan bersama insan pers yang bertugas di wilayah kota ini. Jumlah yang hadir hari ini sebanyak 180 orang,” sebutnya.

Mewakili insan pers, Sukri Falah Harahap yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tabagsel mengapresiasi Pemko Padang Sidempuan yang tahun ke tahun selalu berupaya menjaga dan meningkatkan silaturahmi kemitraan bersama para jurnalis.

Tahun ini ada sedikit dinamika dalam kemitraan insan pers dengan Pemko Padang Sidempuan. Terjadi setelah urusan kewartawanan beralih dari Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokopim) ke Dinas Kominfo.

“Terjadi sedikit dinamika problematika. Namun kita telah konfirmasi itu dan pak Wali Kota telah mengetahuinya serta sedang menyusun langkah penyelesaiannya,” jelas Sukri Falah Harahap.

Insan pers, sebutnya, sangat mendukung pembangunan Kota Padang Sidempuan menuju arah yang lebih baik. Namun tetap wajib menjalankan tugas pokok dan fungsinya, terutama dalam hal social control.

“Pemberitaan bersifat kritik membangun, harap dimaknai sebagai alarm atau pengingat. Karena mitra yang baik itu adalah mitra yang saling mengingatkan untuk kebaikan. Kita insan pers, kiranya juga menyajikan pemberitaan yang berimbang dan mematuhi kode etik,” harapnya.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, sangat menghargai kebebasan pers dan peranannya yang sangat besar dalam hal mendukung akselerasi pembangunan daerah.

Irsan yang merupakan mantan wartawan dan pengurus PWI Tapsel, mengaku sangat memahami dinamika serta beban yang dihadapi para insan pers dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Terkait berita, silahkan kritik kami jika ada kesalahan menjalankan tugas jabatan sebagai penyelenggara pemerintahan daerah. Tapi kritiknya yang membangun dan tanpa harus mengaitkannya dengan hal yang bersifat privasi. Kami juga ada anak dan cucu yang harus dijaga privasi serta masa depannya,” harap Irsan.

Segenap aparatur Pemko Padang Sidempuan, katanya, selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat. Apabila terjadi kesalahan, Wali Kota menyebut itu sebagai kesalahannya dan senantiasa siap untuk memperbaikinya.

Terkait dinamika kemitraan insan pers dan Pemko yang terjadi belakangan ini, Wali Kota Padang Sidempuan berjanji akan segera menyelesaikannya. “Tolong beri kami waktu untuk segera menuntaskan itu dan semoga diujung periode masa jabatan kami ini agar happy ending,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Ustadz Alinafiah Siregar dalam tausiyahnya mengulas tentang empat golongan yang masuk surga. Yakni orang yang membaca Al Quran, orang yang memelihara lisannya, orang yang memberi makan saudaranya dan yang menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan ini dihadiri Asisten II Rahuddin Harahap, Kepala Bappelitbang Mhd. Jusar Nasution, Kabag Prokopimda Nurcahyo Budi Susetyo, Kabag Kesra Rusdiyanto Nasution, Kabid Kominfo Sulthoni Hasibuan. (Ty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *