Pemko Padangsidimpuan Rujuk Hanif Balita Gizi Buruk Ke RSH

IMG 20191026 095120
Hanif Saputra (2 thn) penderita gizi buruk saat di RSUD Padangsidimpuan hendak berangkat ke RSH Medan.

bbnewsmadina.com, Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) merujuk balita usia dua tahun penderita gizi buruk, Hanif Saputra, ke Rumah Sakit Haji (RSH) Medan, Jumat (25/10) sore.

Hanif yang masih diinfus diberangkatkan dengan mengendari ambulance milik RSUD kota Padangsidimpuan. Didampingi kedua orangtuanya Sawal Saputra dan Nurmaida Lubis beserta pendamping dari Pemko Padangsidimpuan.

“Dirujuk ke Rumah Sakit Haji Medan untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih spesifik lagi. Semua difasilitasi pemerintah,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemko Padangsidimpuan Nurcahyo Budi Susetyo.

Berdasarkan surat rujukan yang ditanda tangani  dr. Fadillah Harahap, Sp.A, atau dokter yang merawat di RSUD Padangsidimpuan, balita warga Desa Batang Bahal Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua tersebut didiagnosa mengalami kelainan dan menderita sejumlah penyakit.

Kelainan tersebut seperti berat badan tidak sesuai usia. Sedangkan sakit yang dideritanya antara lain kejang tanpa demam, gizi buruk tipe marasmus, celebral palsy dan gejala epilepsi.

Sehari sebelumnya, kepada Wakil Walikota Arwin Siregar dan Pj. Sekda Kota Letnan Dalimunthe, orangtua Hanif bercerita bahwa semua berawal dari anak mereka mengalami demam tinggi hingga tak sadarkan diri. Saat itu usianya sekitar tiga minggu.

Kemudian dibawa ke RSUD dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik di Medan. Setelah berangsur pulih, Hanif yang dirawat dengan pembiayaan BPJS Kesehatan, diperbolehkan pulang. Namun dokter meminta agar rutin dilakukan kontrol kesehatan.

Tetapi karena kendala ekonomi dan mahalnya obat yang di luar tanggungan BPJS, akhirnya balita itu tidak rutin dibawa berobat lanjutan. Akibat sakit yang dideritanya, Hanif tidak mau makan dan sering sakit. Orangtuanya pasrah dengan keadaan anak mereka dan hingga saat ini dalam kondisi yang sangat meperihatinkan.

“Hanif sudah dirujuk ke Rumah Sakit Haji Medan. Mohon doa dan dukungan kita semua agar perobatannya lancar dan sehat seperti anak balita pada umumnya,” pinta Kabag Humas dan Protokol Pemko Sidimpuan.

Senada dengan Kepala Puskesmas Batunadua, drg Susanti Lubis, Jumat, menceritakan bahwa Hanif harus diberangkatkan ke Medan untuk menjalani perawatan yang lebih baik di Rumah Sakit Haji Medan.

“Harapan kita dengan dirujuknya Hanif ke Medan akan membawa perubahan besar bagi kesehatannya, kita doakan semoga Hanif diberi kesembuhan, ” ucapnya.(  Ty )

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)