Peresmian Puskesmas Plus, Diharapkan Bisa Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

bbnewsmadina.com, Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution, meresmikan Puskesmas Plus di desa Padang Bulan Muara Soro Kec. Kotanopan. Puskemas Plus ini nantinya akan menjadi cikal bakal Rumah Sakit Umum Daerah di Kotanopan, Sabtu, (02/09).

Peresmian tersebut di hadiri,  Ketua DPRD Madina, Hj. Leli Artati. S. Ag, Ibu Ketua TP-PKK Kab. Madina, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan, Ketua Komisi IV DPRD Madina, Hatta Usman Rangkuti, SH, Anggota DPRD Madina dari dapil II, Wakapolres Madina, Tokoh pemekaran Madina H. Pandapotan, Keluarga Ikanas Jakarta, Prof. DR. Bismar Nasution, M, Hum, Ketua HIPMA Sumut H. Aswin Parinduri, Mudir Ponpes Purba Baru, H. Musthafa Bakri, Sekda Madina, Para pimpinan SKPD, Muspika Kotanopan, dan tokoh adat dan agama Kotanopan.

Bupati Madina, Drs. H Dahlan Hasan Nasution, dalam Pidatonya mengatakan bahwa peresmian Puskesmas Plus ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah ini.

“Mudah-mudahan di akhir tahun 2018 Puskesmas Plus ini rencananya akan dijadikan Rumah Sakit. Saya berharap kepada pihak terkait, terutama kepada Ketua DPRD Madina dan anggota DPRD Madina agar terus berjuang dan bekerja agar status Puskemas ini bisa dinaikkan. dengan targetnya, paling lambat akhir tahun 2018, Puskesmas Plus ini sudah bisa ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah, ” ujarnya.

“Keberadaan Puskemas Plus ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh Kecamatan-kecamatan terdekat dengan wilayah Kotanopan, misalnya Kecamatan Ulu Pungkut, Kec. Muara Sipongi, Pakantan dan Tambangan.”

“Selama ini, faktor geografis Kotanopan dengan Panyabungan memang  menjadi kendala bagi warga untuk berobat ke RSU Panyabungan. Tidak jarang pasien meninggal di perjalanan karena terlambat pertolongan.”

“Kepada warga Mandailing yang ada di perantauan, terutama Ikanas agar berkenan membantu percepatan pembangunan di Madina.”pinta Bupati.

Bupati juga menyinggung terkait pembukaan jalan Lingkar Barat sepanjang 12 Km yang saat ini terus berlangsung dan rencana pendirian Fakultas Pertanian dan Politekhnik di Kotanopan.

“Insya Allah STAIM sudah menjadi Negeri, kita targetkan dalam waktu yang tidak terlalu lama yaitu tahun 2018, Fakultas Pertanian dan Politekhnik sudah berdiri  di Kotanopan. Ini tentunya juga dengan sendirinya akan merubah status IAIN Panyabungan menjadi UIN,” ucap Bupati.

Bukan sampai di situ saja lanjut Bupati, kita juga akan menjadikan Kotanopan sebagai kota pejuang. Sebab, dari daerah ini banyak berasal pahlawan pahlawan Perintis Kemerdekaan. Karena itu, kita juga akan mendirikan Taman Makam Pahlawan di Kotanopan yang tanahnya juga hibah dari masyarakat.

Yang rencananya, untuk pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan yang ke 73 di tahun 2018 nanti,  akan kita pusatkan di Kotanopan. Makanya saat ini saya perintahkan Camat Kotanopan untuk menyelesaikan pembangunan lapangan Sepak bola Anggora.  Saya juga berharap peresmian Taman Makam Pahlawan ini juga bisa bersamaan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2018, tukasnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat Kotanopan, mulai dari H. Khoiruddin Nasution, Aswin Lubis Parinduri,  Alm. Keluarga H. Ali Sati Lubis dan tokoh masyarakat lainnya yang telah menghibahkan tanah untuk pertapakan Fakultas Pertanian, Politeknik dan Pasar.”tandas Bupati.

Kadis Kesehatan Madina, Drg. Ismail Lubis dalam laporannya mengatakan, bahwa pembangunan Puskemas Plus ini bersumber dari dana DAK tahun 2016. Tahun 2018 ini juga sudah diusulkan anggaran untuk pembangunan ruangan bertingkat di ruangan yang belum terpakai ini.

“Agar sampai ke tahap Rumah Sakit kita harus melalui beberapa tahapan dan prosedur, termasuk adanya pembahasan dan persetujuan anggota DPRD Madina. Pihaknya yakin dengan kerja sama yang baik antara masyarakat, Eksekutif dan Legislatif rencana Rumah Sakit tipe C akan cepat terealisasi di Kotanopan ini.”ucapnya.

Peresmian Puskesmas Plus ini ditandai dengan penggutingan pita oleh Bupati Madina didampingi, Ibu Ketua TP-PKK Kab. Madina, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan, Ketua Komisi IV DPRD Kab.Madina, Hatta Usman Rangkuti. SH, Tokoh masyarakat dan Muspida. Yang dilanjutkan dengan peninjauan ke seluruh ruangan Puskesmas Plus. (DN)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)