Pjs Bupati Madina Tanam Bawang Merah Perdana Di Desa Runding

 

Pjs. Bupati Madina saat menanam bawang merah perdana di Desa Runding. (Foto:MS)

bbnewsmadina.com, Provinsi Sumatera Utara hingga September masih tetap kekurangan Bawang Merah, hal itu disampaikan Pjs. Bupati Mandailing Natal Ir H. Dahler Lubis A.AM saat melakukan penanaman perdana bawang merah di Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal pada Selasa (29/09).

“Kebutuhan bawang merah untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara sebanyak ± 43.000 ton bawang merah, sementara sektor pertanian bawang merah Sumatera Utara baru dapat menghasilkan ± 25.000 ton bawang merah (57%) dari angka itu dapat diketahui, Provinsi Sumatera Utara masih kekurangan bawang merah sebanyak ± 18.000 Ton atau sekitar 43%.”

“Untuk menjawab kekurang kebutuhan bawang merah di Provinsi Sumatera Utara akan digalakkan pertanian bawang merah di Kabupaten Mandailing Natal dan di Desa Runding akan dijadikan percontohan sentra pertanian bawang merah, selain menjadi Desa Percontohan Sentra Pertanian Bawang Merah di Desa Runding ini juga sudah terdapat kebun Pepaya seluas ± 30 Hektare.”

“Dan yang menjadi catatan penting petani Pepaya Calina di Desa Runding sebahagian besar merupakan penambang emas tradisional yang beralih profesi sebagai Petani Pepaya Calina,” papar Dahler.

Pada Kesempatan tersebut Pjs. Bupati Mandailing Natal H. Dahler Lubis sempat mempertanyakan keadaan harga Pepaya Calina kepada Petani, Salah seorang petani Pepaya Calina pun menjelaskan saat ini harga Pepaya Calina sedang mengalami penurunan, pada kondisi saat ini Pepaya Calina dihargai Rp 1.300,-/Kg dimana sebelumnya Petani dapat menjual Pepaya Calina seharga Rp 3.500,-/Kg, ungkap Azwar Pulungan,

Pjs Bupati Madina H. Dahler Lubis juga memastikan apakah Petani masih bisa bertahan dengan kondisi harga yang saat ini lagi turun, kembali Azwar Pulungan mengatakan jika saat ini Petani Pepaya Calina masih bisa bertahan.

Selain melakukan penanaman perdana bawang merah di Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat, Pjs Bupati Mandailing Natal juga menyerahkan bantuan Alat Pertanian Multivator dan bantuan benih bibit Bawang Merah kepada Kelompok Tani Mutiara Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat. (MS)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *