Sejumlah Anggota DPRD “Bolos”, Rapat Paripurna LKPj TA. 2019 Wali Kota Padangsidimpuan Nyaris Gagal

Rapat Paripurna LKPj Wali Kota TA. 2019, Senin (03/08). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan tentang Pengambilan Keputusan atas Nota Perhitungan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban pelaksanaan Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2019 nyaris gagal karena disebut tidak mencapai qorum, Senin (3/8/2020).

Pantauan wartawan, tidak qorumnya rapat tertinggi di DPRD Kota Padangsidimpuan akibat ketidak hadiran sejumlah anggota DPRD yang umumnya di dominasi Wakil Rakyat yang baru melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (30/7) yang lalu.

Walau demikian rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Siwan Siswanto, SH didampingi Wakil Ketua Erwin Nasution, SH.MH, dan 17 anggota DPRD itu akhirnya dapat berlangsung dengan mulus setelah melalui dua kali skors dan penundaan untuk kemudian dilanjutkan setelah melalui mekanisme ketentuan Undang Undang Nomor 17 tahun 2014.

Paripurna diawali dengan penyampaian laporan badan anggaran (Banggar) oleh Erfi Juni Samudera, SH dan pandangan umum Fraksi Fraksi yang pada intinya dapat menerima laporan Banggar atas pembahasaan nota perhitungan LKPj Wali Kota Padangsidimpuan atas pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH dalam sambutannya,  mengucapkan terima kasih atas kinerja DPRD khususnya Badan Anggaran (Banggar) yang telah menyelesaikan pembahasan nota perhitungan LKPj TA 2019.

“Laporan keterangan pertanggungjawaban Wali Kota itu merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah mengingat telah berakhirnya tahun anggaran 2019.”

“Dan laporan itu juga disampaikan dalam rangka untuk mempresentasikan capaian penyelenggaraan dan kinerja Pemerintah Daerah berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2023 dengan visi pembangunan mewujudkan Padangsidimpuan Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera (Bersinar),” tandas Wali Kota.

Sementara itu Anggota Fraksi PAN DPRD Kota Padangsidimpuan Erfi Juni Samudera, SH ketika dikonfirmasi wartawan usai paripurna menampik rapat paripurna dewan hari ini tidak qorum.

“Jumlah anggota DPRD Kota Padangsidimpuan saat ini sebanyak 29 Orang, maka dengan kehadiran 19 anggota DPRD sudah memenuhi qorum, atau sebanyak 2/3 dari jumlah anggota DPRD,” ujarnya.

Lanjut Erfi, saya tidak mengetahui alasan anggota DPRD lainnya yang tidak hadir pada hari itu. “Yang jelas selama pembahasan hingga kunjungan lapangan mereka hadir,” pungkasnya.

Sebelum rapat dibuka, terlebih dahulu Pimpinan sidang mengingatkan bahwa Saat ini anggota DPRD sebanyak 29 orang dari yang seharusnya 30 karena salah satu Anggota DPRD meninggal dunia dan belum PAW (Pergantian Antar Waktu) dan harus dihadiri 2/3 dari jumlah tersebut dengan demikian skors dibuka. (Ty)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *