Serahkan LKPD Pemko Padangsidimpuan 2019 Ke BPK SU, Wali Kota : ‘Berkeinginan WTP Dapat Diraih”

IMG 20200304 WA0039
Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH saat menyerahkan LKPD Pemko Padangsidimpuan Tahun Anggaran 2019 Kepada Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatra Utara. (Foto: Istimewa)

bbnewsmadina.com, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH, berkeinginan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat diraih Pemko Padangsidimpuan untuk laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019.

Hal itu disampaikan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH, melalui Kabag Protokol dan komunikasi Pimpinan Nurcahyo Budi Susetyo usai penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemko Padangsidimpuan Tahun Anggaran 2019 ke BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (04/3/2020) di Kota Medan.

“Penyerahan laporan keuangan ini menandai telah selesainya laporan keuangan dari Pemko Padangsidimpuan. Tentu kita sangat berharap dapat meraih opini WTP untuk tahun ini.”

Dia juga mengatakan, penyelesaian laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2019 ini merupakan pelaksanaan dari amanat peraturan tentang keuangan daerah. Selanjutnya kami persilakan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatra Utara untuk melaksanakan audit atas laporan keuangan tersebut.

Sebelumnya, dari informasi yang dihimpun Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan, memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang sudah tepat waktu untuk menyampaikan laporan keuangan tahun anggaran 2019.

“Setelah menerima laporan keuangan ini maka BPK berkewajiban melakukan pemeriksaan. Kemudian dalam kurun waktu 60 hari kedepan, laporan hasil pemeriksaan sudah harus diterima oleh pemerintah daerah,” ucapnya.

Ditegaskannya, BPK RI akan meneliti laporan keuangan pemerintah sesuai standar akuntansi pemerintah, kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan, kecukupan bukti yang diungkapkan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan intern yang dilakukan di awal tahun, pemkot harus mempersiapkan data persediaan, aktiva tetap dan data dukung belanja lainnya,” pungkasnya.

Penyerahan laporan keuangan pemerintah daerah ini turut dihadiri Ketua DPRD Siwan Siswanto, Kaban Keuangan Sulaiman Lubis dan Inspektur Kota Padangsidimpuan Rahmad Marzuki Nasution. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)