Souvenir TAKAR (Batok Kelapa)

bbnewsmadina.com, Limbah tak selamanya hanya menjadi sampah, dengan sedikit tangan tangan kreatif, limbah yang tadinya tidak bernilai bisa diubah menjadi ‘mesin cetak uang’. Semisal cangkang atau batok kelapa.
Batok kelapa lazimnya dimanfaatkan tukang sate, Namun, batok kelapa ini masih bisa diubah menjadi barang yang lebih bernilai dari sekedar arang.
Erijon DTT, lelaki paruh baya warga Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan, batok kepala dapat disulap menjadi kerajinan kerajinan unik seperti souvenir gantungan kunci, Pot bunga, perhiasan bunga yang bernilai jual.
Tak sekadar kerajinan, Erijon juga mengubah batok kelapa menjadi barang yang memiliki fungsi, diantaranya seperti Teko, cangkir dan Asbak.
“Bagi saya, membuat kerajinan tangan itu tak hanya terlihat unik, artistik, dan menarik secara kasat mata, tetapi juga punya fungsi dan kegunaan, tanggal 15-17 Desember 2017 lalu kita ambil bagian pada vestival oleh oleh Tabagsel di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, memamerkan kerajinan kita,” ujar Erijon saat di temui  di bengkel kelompok Pengerajin  Souvenir (KPS) BB kelapa Hutaimbaru  tempatnya, Minggu (21/1/18).
“Beberapa produk batok kelapa yang saya kerjakan sekarang ini sudah ada memesan, sebanyak 3 lusin (36 buah) oleh pemilik toko Bolu Salak Kenanga. Jadi untuk saat ini kita masih menunggu pesanan, dikarenakan kita kurang pengerajin.
Erijon yang hobby menyanyi ini juga menyampaikan kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan yang ingin berlatih ataupun mau jadi anggota, bengkel kelompok pengerajin kita sangat terbuka, ” akan dilatih sampai mahir dan kita berdayakan, kelemahan kita untuk saat ini para pengerajin kalau sudah memadai nantinya kita tinggal fokus pada pemasarannya.”paparnya.
Harga yang ditawarkan pun variatif, tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya.
Dikatakan Erijon, untuk aneka kerajinan yang diukir, dibandrol dengan harga Rp 10.000 sampai Rp 300.000.
Untuk kerajinan tangan seperti teko, celengan dan mangkok dibanderol dari harga Rp 25.000 sampai Rp 150.000,sebut Erijon.(Ty).

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)