Tanggapi Hasil Reses, Kadis Pertanian Tinjau Lokasi Persawahan Warga

IMG 20191225 WA0065

Ketua Komisi II DPRD Madina Safri Siregar didampingi oleh Kadis Pertanian Taufik Zulhandra Ritonga saat meninjau lahan pertanian warga yang rusak, Rabu (25/12). (Foto:DN)

bbnewsmadina.com, Meskipun di hari libur Nasional perayaan Natal, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal Ir. Taupik Zulhandra Ritonga bersama Ketua Komisi II DPRD Mandailing Natal Syafri Siregar meninjau lokasi pertanian warga di Kelurahan Mompang Jae, Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal yang tergenang air akibat hujan deras yang melanda daerah itu beberapa hari terakhir.

Penyebab banjir tersebut dikarenakan Sungai Bulu Poring di daerah itu meluap, sehingga tanggul dan saluran irigasi yang mengairi persawahan warga jebol, yang mengairi ke 6 titik persawahan warga diantaranya, Sawah Julu, sawah lobu, sawah jae, sawah mangga, dan sawah Aek Godang, dengan luas 102 hektare.

Ketua Komisi II DPRD Mandailing Natal Syafri Siregar kepada bbnewsmadina.com Rabu, (25/12) mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi  warga pada waktu pelaksanaan reses tadi malam. Bahwa tanggul irigasi di persawahan yang terdampak banjir didaerah itu dalam kondisi rusak.

“Jadi tadi pagi kita hubungi Kepala Dinas Pertanian, dan Alhamdulilah mereka cepat respon bahkan Kepala Dinas yang turun lansung ke lokasi untuk mengatasinya. Dan tinjauan ini untuk melihat langsung kondisi lahan sawah warga, yang dimana dalam laporan ada 15 anggota kelompok Tani di daerah ini dengan anggota sekitar 1000 petani yang lahan pertaniannya tergenang air akibat tanggul tersebut jebol,” paparnya.

IMG 20191225 WA0064

Sementara itu Kadis Pertanian, Taufik Zulhandra Ritonga saat berada dilokasi mengatakan,”peninjauan ini adalah untuk melihat dan mendata sawah yang terkena dampak banjir, disini ada sekira 102 hektare luas lahan sawah.

“Dimana kelanjutannya akan dilakukan perbaikan alternatif sementara terhadap tanggul irigasi yang rusak akibat terjangan banjir, agar warga bisa kembali bercocok tanam,”ujarnya.

IMG 20191218 WA0017

Dia menambahkan, masalah persawahan yang terkena banjir tersebut akibat tanggul irigasi rusak, dan ditahun 2020 mendatang ini merupakan proritas utama bagi Dinas Pertanian Mandaiiling Natal untuk perbaikannya.

“Ini sudah menjadi proritas bagi kami untuk memperbaikinya, sehingga warga petani di awal tahun bisa menanam padi dan di jelang lebaran nanti warga kembali memanen hasil padinya,” pungkas Taufik.

Sedangkan Muhammad Sahbudin Hasibuan salah seorang warga petani mengatakan, “setelah pasca banjir mengakibatkan persawahan di genangi air dan pada pelaksanaan reses tadi malam kami melaporkannya kepada bapak Safri Siregar yang merupakan Anggota DPRD. Dan Alhamdulilah, Dinas Pertanian cepat tanggap dan melihat langsung persawahan warga yang rusak akibat banjir dan kini tanggul irigasi sudah diperbaiki untuk sementara agar kami (Petani) bisa kembali bercocok tanam, dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Safri Siregar dan Kadis Pertanian yang sudah tanggap terhadap keluhan kami,” ungkapnya. (DN)

IMG 20191225 WA0059

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)