BBNews.com

Mencerdaskan & Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tentang Kami
Ali Rachman Nasution, SH (Pemred BBNews)
Ali Rachman Nasution, SH (Pemred BBNews)

Kenapa Bona Bulu News ?

Surat Kabar Independent “ Bona Bulu News” dalam penerbitan perdana  ini,telah berupaya menyajikan berita pembangunan diberbagai aspek secara  aktual sesuai rancangan rubrik yang ada.Walaupun media ini terbit secara  lokal di rumpun asalnya [Bona Bulu] Mandailing Natal yang identik dengan  sebutan “bumi gordang sambilan” tetapi tetap akan menyajikan berita-berita  yang menarik dan layak untuk dibaca dari bumi Tapanuli  Selatan,Padangsidimpuan,Paluta dan Palas sebagai wilayah adat bona bulu  yang tak terpisahkan demikian juga halnya dengan daerah lainnya. Berita-  berita yang tersiar secara nasional dan internasional baik di media cetak dan  media elektro, yang disuguhkan kepada kita detik-perdetik dalam 24 jam setiap hari. Dimana saja dan kapan saja berita dapat diakses secara mudah ditengah-tengah kecanggihan teknologi. Namun,untuk kelengkapan semua informasi itu, berita-berita yang tersaji di media cetak lokal, tentu memiliki spesifik tersendiri, daya tarik, kebutuhan yang banyak dicari kalangan pembaca dari berbagai lapisan masyarakat.
Bona Bulu News,salah satu media yang diformat memberi solusi untuk itu dengan tetap mengacu kepada bahasa pers modern dan santun.Tetapi kadang pasti tidak dapat dihindari dengan penyampaian bahasa daerah yang bersifat kutipan, pilosofi, motto dan slogan kedaerahan yang edukatif. Penyajian berita-berita apa adanya sesuai fakta terkadang juga bisa mengarah kepada nuansa berita yang bersifat bombastis, namun Bona Bulu News bertekad meramunya hanya sebatas ion-kecil dayapikat yang tidak lari dari subtansi data konkrit di lapangan.
Kalangan pembaca mungkin banyak bertanya kenapa media ini dilahirkan dengan nama yang bersifat kedaerahan yakni “Bona Bulu News”. Arti “bona-bulu” secara harpiah adalah “rumpun bambu” yang dimaknai “kampung halaman”,tetapi karena dipadu dengan kata “News” makna yang sesungguhnya menjadi “ kabar/berita kampung halaman”.Di kalangan generasi muda barangkali masih sangat banyak yang tidak paham makna yang sesungguhnya dari Bona Bulu itu.Padahal apabila dilihat dari sudut pandang sosial budaya, setiap manusia sangat mencintai, membangga kan dan merindukan tanah leluhurnya yang identik dengan Bona Bulu. Munculnya sebutan “Bona Bulu” juga mengacu kepada kesejarahan dan bentuk kecintaan kami kepada zona sosio kemasyarakatan yang telah memiliki adat-budaya dan peradaban yang tinggi dibumi gordang sambilan sejak dahulu kala telah tumbuh menjadi suku bangsa yang besar dan diperhitungkan dengan pilosofi kehidupan dalihan-natolu dan poda-nalima.
Awal berdirinya media ini, bermunculan sejumlah pilihan nama yang disampaikan,misalnya ada yang mengusulkan nama Suara Gordang Sambilan, Hayuara Pos,Rajawali Pos, Mandailing Pos,Suara Bona Bulu dllnya.Akhirnya malaui diskusi panjang itu, pengelola menetapkan nama media ini menjadi “Bona Bulu News” yang dipatenkan,yakni memadukan unsur kedaerahan dan modernisasi dengan News [bahasa Inggris]. Artinya setiap berita yang tersaji di media ini adalah yang layak diketahui dan dibaca dengan bingkai komitmen independensi dalam menyuarakan aspirasi masyarakat dalihan natolu untuk membangun peradaban yang bermartabat dan jati diri bangsa dalam ke-bona bulu-an.
Dengan hadirnya Bona Bulu News di kalangan masyarakat pembaca,bagi pengelola dan kontributornya merupakan kepuasan tersendiri karena telah turut mempublikasikan informasi yang menjadi hak mutlak dari pembaca.Pentingnya informasi yang akurat untuk didapatkan,seiring dengan berkembang suburnya sejumlah media-sosial ditengah-tengan perkembangan hightteknologi informasi dewasa ini yang berdampak secara luas membentuk warna peradaban manusia kedepan .Bagi kalangan pemerhati informasi dan kalangan awak media tentu memiliki tanggung-jawab disamping untuk menyampaikan informasi yang benar tidak menyimpang dari subtansi fakta juga dibutuhkan menjadi education filter dari degradasi moral bangsa.Demikian pula dengan kesantunan menggunakan bahasa yang baik dan benar sudah menjadi tanggungjawab praktisi dan kalangan wartawan Bona Bulu News sesuai dengan kode etik jurnalistik.Saran,kontribusi pemikiran dan kritikan dari para pembaca sangat diharapkan dan dihargai Bona Bulu News kedepan,terima kasih.

Alamat Redaksi-Tata Usah-Iklan : Jl. Jend. Besar A.H. Nasution/Jl. Lintas Timur No. 9 – Panyabungan. Hp: 0821 6587 7288.

375total visits.

Address:Jl. Lintas Timur Nomor 9. Panyabungan - Sumatera Utara

Phone:082165877288

Email:bonabulu_news@yahoo.com - buana171@gmail.com