Tim BP-JHC Sumut Kunker ke Madina

IMG 20190723 211627
foto : Bupati Drs Dahlan Hasan Nasution saat foto bersama Tim BP-JHC Sumut di Rumah Dinas Bupati Madina, selasa (23/7).(JBL)

bbnewsmadina.com, Badan Pekerja Joint Health Council (BP-JHC) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Selasa (23/7).)

Kunjungan Kerja Tim BP-JHC yang hadir terdiri dari dr. Sah Sinar Rambe, drg. Herman Sadekh, dr. Awaluddin Hutagalung, dr. Bahktiar Panjaitan, Sp.Pd langsung disambut Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dirumah dinasnya di Desa Parbangunan, Aek Godang, Panyabungan.

Dalam pertemuan ini turut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Madina, dr. Syarifuddin Nasution, Kepala Rumah Sakit Umum Panyabungan (RSU), drg. Bidasari, Kepala RSU Natal, dr. Faisal dan sejumlah pimpinan OPD yang ada dilingkungan Pemkab Madina.

Kunjungan JHC ini bertujuan untuk mengadvokasi Pemerintah Daerah dalam  peningkatan pembangunan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Mandailing Natal, dr. Syarifuddin Nasution kepada wartawan,

Selain itu kedatangan tim ini juga untuk merumuskan program-program kesehatan khususnya di Sumatera Utara dan Mandailing Natal umumnya,” jelasnya.

Kadis menerangkan, selama di Mandailing Natal tim ini juga akan melakukan pengambilan data kesehatan tentang lima isu strategis Nasional kesehatan yakni stunting, kematian ibu dan bayi baru lahir, eliminasi TB Paru, pencapaian imunisasi dan penyakit tidak menular serta masalah JKN, BPJS dan akreditasi puskesmas serta rumah sakit.

“Selama dilapangan tim ini akan memantau pelaksanan Standard Pelayanan Minimal (SPM) dengan 12 program unggulan bidang kesehatan sesuai Permenkes nomor 4 tahun 2019,” ujarnya.

Data yang dikumpulkan tersebut termasuk sumber daya manusia yang masih kurang terutama disiplin ilmu tertentu diantaranya, ahli gizi, analis, kesehatan lingkungan, farmasi, dokter gigi maupun pelayanan kesehatan lainnya.

Hasil dari kunjungan ini termasuk kendala yang dihadapi daerah selanjutnya akan dibahas dan untuk diatasi bersama.

Sementara itu, Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution menyampaikan rasa terimakasihnya kepada tim JHC atas kunjungannya ke Kabupaten itu.

“Untuk membahas ini nantinya saya minta dibuat rapat secara khusus yang melibatkan seluruh Puskesmas, SKPD terkait, Bapeda dan DPKAD untuk membahas ini,” pinta Bupati. (LBS)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)