Wagub Digelar Sutan Rajo Rangkayo Basa, Resmi Jadi Ninik Mamak Pantai Barat Natal

Fhoto: Wagubsu Musa Rajekshah (duduk) photo bersama tokoh adat pantai barat Natal usai upacara penambalan gelar (ZN) 

bbnewsmadina.com, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara Musa Rajekshah resmi menjadi Ninik Mamak. Wagub sekarang sudah menjadi salah satu warga masyarakat Pantai Barat Natal. Selasa (10/9), Musa Rajekshah diberi Gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa.

“Kehadiran kami di Kecamatan Natal menjadi momen yang tak terlupakan. Kami ucapkan ribuan terima kasih atas apresiasi dan penghormatan yang tulus dari Ninik Mamak Negeri Nata, Masyarakat Adat Natal kepada kami dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” ujar Wagub.

Saat upacara yang sederhana namun nikmat, tampak Musa Rajekshah memakai baju adat khas Natal. Satu per satu pemangku adat dan alim ulama menepungtawari dan mengupah upah orang nomor dua di Sumut ini, tersirat doa yang tulus di dalamnya.

Pemberian gelar ini menunjukan bagaimana tulusnya Masyarakat Natal ikut andil dalam mewujudkan pembangunan Sumatera Utara yang bermartabat.

Sebagai definisi, arti Sutan Raja Rangkayo Basa adalah Batang Kayo Badaun Rimbun yang artinya sebagai tempat kita bersandar, tempat berteduh, bila hujan panas, tempat bersila khususnya bagi masyarakat. “Begitupun kami, Pemerintah akan selalu hadir di tengah tengah masyarakat,” jelasnya.

Semoga dengan pemberian gelar ini membawa manfaat bagi Kecamatan Natal dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina). “Juga menjadi semangat bagi kami dalam mewujudkan Sumatera Utara bermartabat,” tandas Wagub.(ZN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *