Wagubsu Ajak Akademisi Bersiap Hadapi Revolusi Industri 4.0

bbnewsmadina.com,  Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah mengajak para akademisi untuk bersiap menghadapi revolusi industri 4.0 atau yang disebut juga era disruptif. Hal ini disampaikannya saat menghadiri jamuan makan malam bersama peserta International Conference on Economic, Management, Accounting, and Business (ICEMAB) 2018, di Garuda Plaza Hotel Medan, kemarin malam.

“Di masa depan, banyak orang di seluruh dunia yang akan kehilangan pekerjaan sebagai dampak dari disruption. Hilangnya berbagai macam pekerjaan tersebut karena digantikan oleh robot. Tenaga manusia digantikan crane, penjaga tol, pos, dan kasir digantikan sistem teknologi digital,” ujar Wagubsu yang akrab disapa dengan Ijeck.

Begitu pun, lanjut Ijeck, kedatangan industri 4.0 ini juga akan membawa banyak pekerjaan baru yang tidak dikenal 10-20 tahun yang lalu. Misalnya menjadi blogger, web developer, big data analysis dan lainnya. Untuk itu, Ijeck berpesan pada akademisi untuk peka dan mengasah skill yang relevan dan dibutuhkan di era disruptif.

“Manajemen juga sudah pasti sangat dibutuhkan. Industri 4.0 ditandai dengan segala sesuatu yang serba tangkas dan cepat. Nah, sistem manajemen ini sangat diperlukan untuk mempercepat kinerja dan efisiensi kerja,” katanya.

Meskipun banyak hal baru yang harus dihadapi di masa depan, kata Ijeck, dirinya yakin semua bisa ditangani selama mau belajar dan bekerja keras. “Tantangan sudah terlihat di depan mata, maka kita persiapkan diri kita dari sekarang,” pesan Ijeck.

Ijeck kemudian menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya ICEMAB 2018 oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Ia berharap agar kegiatan tersebut tidak hanya sekali saja, tetapi dapat berlangsung setiap tahunnya.

“Saya sampaikan selamat datang kepada peserta dan narasumber, semoga mendapat kesan dan pengalaman yang baik selama di Sumatera Utara,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UMSU, Dr Agusani MAP mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada Wagubsu yang telah berkenan hadir. Agus menyampaikan bahwa UMSU siap diajak berkolaborasi dan bersinergi untuk mempercepat pembangunan Sumut.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Aktris Indonesia sekaligus politikus, Marissa Haque yang menjadi salah satu penyaji makalah. Marissa mengatakan bahwa masyarakat Sumut beruntung memiliki Wagubsu seperti Ijeck. “Beruntung sekali masyarakat Sumut, memiliki Wakil Gubernur yang bukan cuma ganteng seperti aktor turki, tetapi juga pintar,” pujinya.

ICEMAB berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 8-9 Oktober 2018. Dihadiri sebanyak 114 peserta mahasiswa S2 dan S3, datang dari seluruh Indonesia dan negara tetangga Malaysia dan Thailand. Turut hadir Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Ir Ibnu Sri Hutomo MM, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Ir H MA Effendy Pohan MSi, para dekan, tenaga pendidik, dan civitas akademik UMSU. (Zein Nasution)

 

 

 

 

 

 

 

iklan-pajak

 

iklan-kb

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)