Wali Kota Dukung Pembangunan Pilar Ina CORS di Padang Sidempuan

IMG 20220405 WA0035

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution. SH saat menerima kunjungan Badan Informasi Geospasial pusat dirumah Dinasnya, Senin (04/04/22). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution menerima kunjungan Badan Informasi Geospasial Pusat, Senin (4/4) Pagi, di Rumah Dinas Wali Kota.

Yunanta, dari Badan Informasi Geospasial (BIG) menyampaikan, BIG akan melakukan kegiatan survey pendahuluan pembangunan Pilar Ina-CORS di Padang Sidempuan.

“Izin pak Wali, kami informasikan pembangunan Pilar Ina- CORS yang akan kami bangun berdimensi 40 cm x 40 cm dengan tinggi 1,2 m /3 m. Adapun kegiatan survey pendahuluan tersebut rencananya akan kami lakukan pada hari selasa, 5 April, kata Yunanta.

Wali Kota Irsan Efendi Nasution mendukung dan memberi izin pembangunan pilar dan instalasi perangkat stasiun Ina-CORS tersebut.

Beliau menambahkan, dalam proses pembangunan pilar dan instalasi perangkat stasiun Ina- CORS harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Nanti kawan kawan dari Badan Informasi Geospasial akan didampingi Dinas Pekerjaan Umum dan Baplitbangda untuk melakukan survey dan pendahuluan. Tolong didampingi ini Pak Kadis (PU), agar tidak ada kendala apapun pada pembangunan Pilar (Ina-CORS) ini nantinya, sehingga dapat memberikan manfaat bagi Kota Padang Sidempuan”, katanya.

Untuk diketahui bersama, Indonesia Continuously Operating Reference Station (Ina-CORS) merupakan jaring kontrol geodetik aktif di Indonesia berupa stasiun Global Navigation Satellite System (GNSS) permanen dipermukaan bumi yang dilengkapi dengan alat perekam sinyal satellite GNSS, antena, dan sistem komunikasi data. Stasiun tersebut dapat menerima sinyal dari satelit GNSS secara terus menerus selama 24 jam setiap hari dan bisa memberikan layanan koreksi posisi pada pengguna.

Dalam pelaksanaannya, Ina-CORS bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk berbagai tingkat kebutuhan mulai dari kebutuhan praktis hingga saintifik. Dalam hal keperluan praktis, Ina-CORS dapat dimanfaatkan untuk keperluan survei, pemetaan, bahkan untuk keperluan navigasi teliti.

Selain itu Ina-CORS bisa juga dimanfaatkan untuk monitoring pergerakan lempeng bumi, studi geodinamika, riset atmosfer, ionosfer, serta untuk keperluan gempa bumi dan tsunami.(Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)