Hidup Bersama Buku

Oleh: Ahmad Muhajir

Penulis merupakan Dosen Sejarah, Universitas Andalas, Padang Sumatera Barat

Buku bukan lagi benda asing di lingkungan kita, apalagi di lingkungan sekitar pendidikan saat ini. Buku adalah kumpulan kertas-kertas yang di dalamnya terdapat tulisan, dan di dalamnya mengandung banyak arti dan makna. Buku adalah sumber nutrisi bagi otak, sering membaca buku dapat mendorong kita untuk menguatkan ingatan, khususnya membaca buku-buku dalam dalam bidang ilmu pengetahuan.

hidup bersama buku, manfaat membaca buku, budaya membaca, pentingnya membaca buku
(Sumber gambar: https://www.gramedia.com/literasi/unsur-buku-fiksi-dan-non-fiksi/)

Dewasa ini dapat kita lihat, perkembangan teknologi telah memudahkan kita dalam mengakses atau memperoleh buku. Dimanapun kita berada, kita bisa menemukan dan kemudian membacanya. Buku terbagi atas, buku fiksi, dan buku non fiksi. Selain itu, ada banyak sekali jenis buku mulai dari buku ilmu pengetahuan ataupun pendidikan, hiburan,  dan lain sebagainya, yang sebenarnya dapat menemani kita di setiap saat.

baca : Budaya Membaca Kita?

Buku adalah jendela dunia, ungkapan yang seringkali kita dengar, terutama ketika kita memasuki dunia pendidikan. Buku dipandang sebagai jendela dunia karena mampu membuka cakrawala berpikir kita, untuk melihat berbagai keadaan dunia di luar sana. Dengan membaca buku, kita akan menemukan berbagai hal terutama di bidang akademik, dan hidup dengan buku akan membawa kita kepada kesehatan. Seperti yang dikutip dari media Detik.com bahwa manfaat membaca buku di antara melatih otak, meringankan stress, menjauhkan dari penyakiy Alzhemeir, mengembangkan pola tidur yang sehat, serta meningkatkan konsentrasi.

Kita semua berharap agar banga ini memiliki minat dan keinginan yang kuat untuk membaca buku. Buku yang seyogyanya mampu melatih otak, dapat menjadikan masyarakat kita tidak mudah untuk menerima informasi mentah-mentah, yang berujung pada penyebaran informasi bohong, atau yang dikenal dengan hoax.

baca : Ada Yang Hilang dari Budaya Kita

Dengan membaca buku dapat membuat kita menjangkau dunia. Bagaimana tidak, orang yang suka membaca biasanya cenderung mendapatkan informasi yang lebih. Terbukti pula dari banyaknya tokoh-tokoh bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia memiliki hobi yang besar dalam membaca buku. Budaya membaca dan dekat dengan buku sebenarnya telah dicontohkan oleh tokoh-tokoh yang ada di negeri ini, jadi sudah sewajarnya kita harus mempertahankan budaya akan hidup bersama buku.

Editor : BMP
COPYRIGHT © bbnewsmadina.com 2023

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)