Kecam Penembakan Marsal Harahap, Puluhan Wartawan Madina Gelar Aksi Solidaritas Ke DPRD & Mapolres

IMG 20210621 WA0009

Puluhan Wartawan Madina Gelar aksi Solidaritas di Mapolres Madina menuntut agar pelaku penembakan Marsal Harahap segera ditangkap, Senin (21/06/21). (Foto:DN)

bbnewsmadina.com, Puluhan Wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik dan online melakukan aksi solidaritas di gedung DPRD Mandailing Natal dan Polres Madina, Senin (21/06/21).

Massa menuntut agar pihak Kepolisian mengusut tuntas penembakan Marshal Harahap Pemred Lassernews Today.com di Siantar, yang tewas di tembak OTK .

Adapun pernyataan sikap wartawan Madina yang disampaikan kepada DPRD dan Polres adalah :

1. Kami wartawan di Madina berbelasungkawa atas meninggalnya Marasalem Harahap wartawan lassernewstoday.com yang ditemukan terbunuh di dalam mobilnya pada Sabtu dinihari 19 Juni 2021.

2. Mengecam segala bentuk tindakan kekerasan oleh siapa pun kepada pekerja pers dan wartawan dalam melaksanakan tugas peliputan.

3 Meminta kepada negara dalam hal ini Polri untuk melindungi pers dalam menjalankan tugas jurnalistik.

4. Meminta kepada Kapolri dan Kapoldasu untuk mengusut tuntas peristiwa pembunuhan terhadap wartawan atau pimpinan redaksi lasernewstoday.com Marasalem Harahap.

Iskandar Hasibuan kordinator aksi pada kesempatan tersebut mengatakan, jurnalis bekerja dilindungi undang-undang. “Pasal 3 dan 4 UU No. 40 Tahun 1999 tegas menyebutkan bahwa wartawan memiliki hak mencari, memperoleh, menyebarluaskan informasi, dan wartawan juga mendapatkan perlindungan hukum,” ujarnya.

Iskandar juga menegaskan agar pelaku penembak Marshal Harap segera menyerahkan diri, Polisi juga diminta keseriusannya dalam mendalami kasus serta menangkap pelaku.

Setelah selesai melakukan aksi Solidaritas di DPRD, puluhan Jurnalis melanjutkan aksi ke Mapolres yang diterima langsung oleh Kapolres Madina, AKBP. Horas Tua Silalahi, Wakapolres Kompol Agus Maryana, dan jajarannya.

IMG 20210621 194455

Setelah mendengarkan pernyataan sikap wartawan, Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi akan segera menyampaikan aspirasi dan dukungan moral wartawan tersebut ke Kapoldasu.

“Sebelumnya saya bersama jajaran Polres Madina turut berbelasungkawa atas musibah ini, dan pernyataan sikap ini akan kami sampaikan ke pimpinan,” pungkasnya.

Dalam aksi ini juga, selain berorasi, para jurnalis juga meletakkan ID Card masing masing, dan membawa poster mengecam tindakan penembakan yang dilakukan OTK terhadap Marshal Harahap.

Selain di Mandailing Natal, aksi yang sama juga di gelar di sejumlah daerah di Sumatera Utara. (DN)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)