Memperingati HSN, Dzikir dan Doa Bersama Digelar di Padangsidimpuan

IMG 20191023 095127

Usai Peringatan HSN, atraksi pencak silat oleh santri di halaman mesjid Al Abror. (Foto : Ty) 

bbnewsmadina.com, Upacara hingga Doa dan Dzikir bersama dilaksanakan Pemerintah Kota Padangsidimpuan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di halaman dan didalam Masjid Agung Al-Abror kota Padangsidimpuan, Selasa (22/10).

Kegiatan yang mengusung tema “Santri Kota Padangsidimpuan Yang Bersinar” ini juga menyajikan atraksi beladiri Pencak Silat yang mana menambah semarak kegiatan HSN yang diperagakan para santri.

Sementara saat meminpin upacara Peringatan Hari Santri 2019 tampak Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM mengenakan kain sarung layaknya seorang santri dan membacakan pidato Menteri Agama Republik Indonesia dalam peringatan Hari Santri yang serentak diselenggarakan diseluruh pelosok negeri.

Ir. H Arwin Siregar diantaranya menyampaikan sesungguhnya Presiden Joko Widodo melalui keputusan presiden nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan Tanggal 22 Oktober sebagai hari santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” uang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

“Sebagai Laboratorium perdamaian, Pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam Rahmatanlilalamin, Islam Ramah dan Moderat dalam beragama. Semangat ajaran inilah yang menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia,”tegasnya.

Sementara dipelaksanaan doa dan dzikir serta tabligh Akbar, Arwin berharap dapat membangun dan membina serta menjadikan para santri menjadi lebih religius lagi.

IMG 20190821 WA0010 1

“Saya juga berharap untuk anak-anak santri dapat meneruskan perjuangan para proklamator, mudah-mudahan dalam amanah tanggal 22 Oktober merupakan resolusi jihad yang menambah kecintaan kita akan tanah air,” kata Arwin.

Hadir pada Upacara serta doa dan dzikir bersama tersebut Kapolres dan Dandim 0212/TS beserta jajarannya, mewakili Kejari, Kemenag, MUI, Para Asisten, Wakil Ketua TP-PKK, Ketua DWP, Pimpinan OPD, Pimpinan Ponpes dan para santri se-Kota Padangsidimpuan.(Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)