5 Fungsi Lain dari Fingerprint Scanner Selain Buka Kunci Layar Ponsel

bbnewamadina.com – Fitur pemindai sidik jari atau fingerprint scanner, adalah fitur yang jadi standar smartphone masa kini.

Tentu fitur ini digunakan sebagai biometrikasi keamanan agar smartphone tetap aman. Namun kemudahan adalah salah satu alasan pula. Hanya dengan menempel salah satu jari Anda yang telah disetel, Anda langsung bisa mengakses smartphone Anda.

Baca juga : Googlenya China Gaet Geely dan Toyota Bikin Mobil ‘Pintar’

Fitur fingerprint scanner tentunya sangat praktis dan memudahkan. Bahkan masih banyak lagi fungsi dari fitur fingerprint scanner yang jarang diketahui. Anda bisa menggunakannya untuk memudahkan Anda dalam menggunakan smartphone.

Berikut deretan fungsi fingerprint scanner melansir Liputan6.com.

1. Mengunci Aplikasi Tertentu

Kemampuan fingerprint scanner salah satunya adalah mengunci aplikasi tertentu. Hal ini bisa mengamankan aplikasi-aplikasi Anda dari tangan-tangan jahil yang ingin mengakses privasi Anda.

Berbagai aplikasi penting seperti WhatsApp, Instagram, dan lain-lain bisa Anda kunci dan akan lebih aman.

Dalam hal ini, Anda bisa menginstal aplikasi yang bernama AppLock: Fingerprint & Pin. Selain tidak bisa membuka aplikasi yang sudah Anda kunci, orang yang berusaha untuk membuka aplikasi Anda ini akan diambil potret wajahnya, sehingga Anda bisa tahu siapa yang jahil melihat privasimu.

Setiap membuka aplikasi yang telah Anda kunci tersebut, maka harus menggunakan fingerprint scanner yang telah disetel atau menggunakan password.

Baca juga : Bahaya FaceApp, Wajahmu Bisa Nampang di Papan Iklan Rusia

2. Menyembunyikan Foto di Galeri

Anda juga bisa memanfaatkan fitur fingerprint scanner untuk menyembunyikan foto tertentu di Galeri. Aplikasi yang digunakan adalah Solo Photo Gallery Privacy yang dapat menyembunyikan atau mengunci foto-foto yang Anda tidak ingin orang lain melihatnya yang ada di dalam galeri.

Jadi bila Anda tidak mau orang-orang melihat foto tertentu dalam galerimu, Anda bisa memakai aplikasi ini. Bila ingin membuka foto yang telah dikunci tersebut, maka harus menggunakan fingerprint scanner atau menggunakan password yang sudah Anda setel.

3. Pengganti Tombol Kamera

Selanjutnya, fingerprint sensor dapat menjadi pengganti tombol shutter kamera. Tentunya banyak orang yang mengeluhkan saat berswafoto sangat susah untuk menekan tomblol shutter, apalagi dengan ukuran smartphone zaman sekarang yang lama kelamaan semakin besar.

Fitur fingerprint scanner bisa mengatasi keluhan ini. Bahkan tidak perlu aplikasi, biasanya pada beberapa smartphone sudah ada pengaturan yang membuat Anda bisa menggunakan fingerprint scanner sebagai tomol shutter kamera ini.

Namun bila smartphone Anda tidak memiliki keistimewaan tersebut, Anda bisa menginstal aplikasi Dactyl Fingerprint Sensor Selfie Camera, walaupun aplikasi ini tidak gratis tentunya.

4. Mengunci Jurnal Pribadi

Selain itu, fingerprint scanner juga bisa difungsikan sebagai pengamanan jurnal pribadi. Anda bisa menggunakan fingerprint scanner ini untuk mengunci semua tulisan pribadi yang Anda tidak ingin orang lain untuk melihatnya.

Anda bisa menginstal aplikasi yang bernama Journey di smartphone Anda dan mengatur untuk hanya dapat membuka jurnal dengan sidik jarimu saja.

Baca juga : AS Serukan FaceApp Diselidiki

5. Menyetel Gesture Quick Action

Fungsi fingerprint scanner selanjutnya bisa Anda dapatkan dengan menginstal aplkasi yang bernama Fingerprint Gestures. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur quick action hanya dengan menggunakan sidik jari.

Salah satunya adalah screenshot yang bisa diatur dengan menyentuh fingerprint sensor saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *