Terkonfirmasi Covid-19 Meningkat, LSM LIRA Madina Himbau Warga Taat Prokes

 

M. Syawaluddin, Wakil Sekretaris DPD LSM LIRA Madina. 

bbnewsmadina.com, Berdasarkan Data Grafik sebaran Corona Virus Disease -19 (Covid-19) yang dikeluarkan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Satgas PP Covid-19) Kabupaten Mandailing Natal per Hari Kamis (01/10) hingga Pukul 15.00 WIB tercatat angka Terkonfirmasi Covid-19 mencapai 79 orang dengan hasil Swab Positif terjangkit Covid-19.

Pertambahan terkonfirmasi Covid-19 ini terjadi pada hari ini, dimana sehari sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 pada Rabu (30/09) sebanyak 63 orang dan Kontak Erat sebanyak 301 orang serta ODP sebanyak 2 orang.

Dari keterangan yang disampaikan Drs. Sahnan Pasaribu Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Mandailing Natal yang juga juru bicara Satgas PP Covid-19 Kabupaten Mandailing Natal,16 konfirmasi tanpa gejala dengan uraian sebagai barikut :
– 2 Orang pantauan Puskesmas Siabu.
– 1 Orang pantauan Puskesmas Malintang, Bukit Malintang.

– 1 Orang pantauan Puskesmas Mompang, Panyabungan Utara.

– 7 Orang pantauan Puskesmas Panyabungan Jae, Panyabungan.

– 4 Orang pantauan Puskesmas Longat, Panyabungan Barat.

– 1 Orang pantauan Puskesmas Gunung Tua, Panyabungan

10 kontak erat baru :
Pantauan Puskemas Panyabungan Jae, Panyabungan

15 kontak erat selesai karantina
Pantauan Puskesmas Longat, Panyabungan Barat.

Beranjak dari peningkatan angka terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Mandailing Natal membuat keprihatinan bagi DPD LSM LIRA Kabupaten Mandailing Natal, seperti disampaikan Bupati LSM LIRA Kabupaten Mandailing Natal Ali Musa Nasution melalui Wakil Sekertaris Daerah DPD LSM LIRA Kabupaten Mandailing Natal M Syawaluddin, “kita sangat prihatin dengan peningkatan Terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Mandailing Natal, apalagi mayoritas yang terjangkit Covid-19 ini merupakan tenaga medis yang berada di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan,” ungkapnya.

Melihat tingginya angka Terkonfirmasi Covid-19 yang saat ini mencapai 79 Orang, DPD LSM LIRA Kabupaten Mandailing Natal pun mengajak segenap unsur elemen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

“Diharapkan Kepada semua Steackholder untuk mengambil peran aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, hal terkecil yang dapat kita buat ialah dengan mengkampanyekan Protokol Kesehatan Covid-19, selalu mengenakan masker, sering cuci tangan, dan menghindari kerumanan dengan Social Distancing (Menjaga Jarak),” pintanya.

Syawaluddin juga meminta kepada Satgas PP Covid-19 untuk lebih agresif dalam melakukan penindakan terhadap pelanggar Perbup No 30 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penanganan Covid-19.

“Jika ada yang terkonfirmasi Covid-19 hendaknya segera dilakukan karantina ke Bagas Godang di Desa Purba Baru, apabila perlu Terkonfirmasi Covid-19 yang membandel untuk dikarantina segera dijemput.”

“Dan kepada Satgas PP Covid-19 juga diharapkan untuk membubarkan kerumunan warga yang tidak mentaati protokol kesehatan Covid-19 baik itu yang mengumpulkan orang banyak, hal ini guna mencegah terjadinya Klaster baru penyebaran Covid-19 yang pada akhirnya akan menjadi Klaster Lingkungan. (MS)

About Auther:

BBNews Madina menyajikan informasi terkini tentang BERITA SUMUT - MADINA - PADANGSIDIMPUAN seputar sumut, Indonesia dan dunia Mencerdaskan dan Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Dalihan Natolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *