Kopi Termahal di Indonesia Hanya Ditanam di Mandailing Natal

Mandailing Natal|BBNewsmadina.com

Kopi Mandailing berasal dari Mandailing Natal, Sumatera Utara. Kopi ini merupakan kopi termahal di Indonesia jika dibandingkan dengan kopi daerah lainnya seperti kopi Toraja.

Seperti yang dilansir dari otonomi.co.id Kopi Mandailing memiliki cita rasa yang kuat.

“Mandailing Natal mempunyai banyak kekayaan alam, seperti kopi Mandailing yang memiliki harga paling mahal di Indonesia,” ucap Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution di acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa 23 Agustus 2016.

Dahlan memperkirakan harga kopi Mandailing bisa mencapai angka Rp200 ribuan per kg jika dijual ke dalam negeri. Dan harga akan menjadi sangat mahal jika diekspor ke luar negeri seperti Amerika. “Kopi Mandailing memiliki cita rasa dan aroma kuat yang menyebabkan harganya menjadi mahal,” ujar Dahlan.

Saat ini kopi Mandailing hanya ditemukan di Kabupaten Mandailing Natal. Dahlan menuturkan, tidak ada satu daerah pun di Indonesia dan di dunia yang menanam kopi ini.

Perlu diketahui, kopi Mandailing memiliki cita rasa yang kuat, dengan keasaman medium, cita rasa floral dan memiliki after taste baik yang tidak ditemukan pada kopi lainnya. Dahlan menambahkan, produksi kopi ini bisa mencapai angka 10-15 ribu ton per tahun. (red)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)