One Village One Product Program Andalan Desa Huraba Menuju Desa Binaan UP2K-PKK

Foto : Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, saat memberikan pemaparan. (Ty) 

bbnewsmadina.com, Baru-baru ini Kecamatan Marancar berhasil meraih dua gelar di Tingkat Provinsi Sumatera Utara yaitu juara terbaik satu kecamatan terbaik Kategori Kabupaten dan juara terbaik satu kategori perpustakaan Kecamatan.

Dengan prestasi tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Kamis (19/4) memotivasi seluruh warga Desa Huraba agar bisa meraih gelar yang sama dengan melakukan Sosialisasi terkait Desa Binaan kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK di Desa Huraba atas terpilihnya Desa tersebut mewakili Kabupaten Tapanuli Selatan untuk bersaing di tingkat provinsi Sumatera Utara.

Kepala Desa Huraba Abdul Majid Siregar saat memaparkan profil Desanya menyebutkan bahwa Desa Huraba terdiri dari tiga Dusun yaitu Dusun Huraba, Dusun Huta Padang, dan Dusun Pangarongan. Sedangkan jumlah Kepala Keluarga di Desa tersebut terdapat 242 KK, “ujarnya.

Ketua TP PKK Tapsel saat melakukan sosialisasi menyebutkan, disamping mengandalkan “one village one product”, dia juga meminta kepada koordinator penanggungjawab Desa binaan yaitu Dinas Perdagangan Tapsel dibantu Dinas OPD terkait Desa binaan yaitu Dinas Ketenagakerjaan, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan untuk memaparkan program apa saja yang akan dibantu di Desa Huraba dalam mendukung Desa Huraba menjadi Desa Binaan Kategori UP2K-PKK agar karang Taruna Desa, PKK Desa serta Kelompok Dasawisma dapat berdikari dengan memanfaatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga yang di bantu oleh OPD terkait tersebut,  “ungkap Syaufia.

Disamping itu salah satu yang menjadi indikator penilaian terkait dengan desa binaan UP2K-PKK adalah tertib administrasi dan perila hidup bersih dan sehat warga di Desa,”pungkasnya.

Turut hadir dalam Sosialisasi tersebut Camat, Ketua TP PKK Kecamatan Marancar Kepala Desa, Kepala Dusun,  BPD, Karang Taruna, PPL KB, BKB, Tokoh Masyarakat Desa Huraba.(Ty)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iklan-kb

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)