Prosesi Upa-upa & Penabalan Kembali Gelar Harajaon Todung Mulia Lubis Berjalan Sukses

bbnewsmadina.com, Prosesi mangupa-upa dan Penabalan Kembali Gelar Harajaon Bapak Prof. Dr. Todung Mulia Lubis. SH. LLM beserta anaknya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing bekerja sama dengan Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya (FPPAB) Madina berjalan sukses, yang dilaksanakan di Kotanopan, Jum’at (16/02).

Acara ini dihadiri oleh, Bupati Madina, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dengan Gelar Harajaon Bagindaraja Malim, Marsekal Muda TNI Syahrul Efendi Lubis, SE, FKPD Kabupaten Madina, Anggota DPRD Madina, Ibu Ketua TP-PKK Madina, Ny Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Para Pimpinan OPD, Muspika Kotanopan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta masyarakat Kotanopan dan Para Undangan lainnya.

Tokoh Masyarakat Kotanopan, H. Khoiruddin Nasution mengatakan, prosesi mangupa-upa dan Penabalan Kembali Gelar Harajaon Bapak Prof. Dr. Todung Mulia Lubis adalah merupakan kebesaran dan kebanggaan hati kami kepada Bapak Todung Mulia Lubis.

Diceritakannya, pada puluhan tahun lalu Bapak Todung Mulia Lubis sudah di berikan gelar Harajaon di tanah perantauan, namun raja-raja, anak ni raja, anak ni namora, anak ni natoras, serta cerdikpandai, dan alim ulama sebagian besar tidak dapat menghadirinya, dan pada kedatangan Bapak pada hari ini kembali kami buat acara upah-upah dan Penabalan Kembali Gelar Harajaon untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mandailing Natal bahwa bapak Todung Mulia Lubis sudah mempunyai gelar kembali dengan gelar ‘Mangaraja Mulya Tinandongan’,ujarnya.

H. Khoir menambahkan, yang mana prosesi tadi adalah prosesi adat budaya Mandailing Natal yang kita banggakan, dan merupakan suatu bentuk kebesaran hati kami dan doa kami kepada Bapak. Kami ucapkan terima kasih dan selamat bertugas nantinya di Norwegia semoga sukses dalam menjalankan tugas baru yang di berikan Pemerintah,ucapnya.

Ashar Lubis yang merupakan salah satu putra terbaik Kabupaten Mandailing Natal yang sekarang tinggal di perantauan mengatakan, dalam prosesi adat ini sudah jelas kita dengarkan agar bapak Todung Mulia Lubis berhasil menjalankan tugas barunya di Norwegia tepatnya di OSLO, kami dan bapak Bupati mengharapkan agar bapak Todung Mulia Lubis tidak lupa akan kampung halamannya.

“Kita yang ada diperantauan agar bersatu dalam memajukan dan mendukung pembangunan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal ini. Dan kepada Bapak Todung Mulia Lubis apabila sudah di Norwegia nanti agar tidak lupa tetap menelpon Menteri-Menteri dalam memantau pembangunan-pembangunan yang sudah di genjot oleh bapak Bupati demi kemajuan perkembangan Kabupaten Mandailing Natal yang kita cintai ini,”lukasnya.

Sementara Todung Mulia Lubis menyampaikan, atas nama keluarga mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas upa-upa dan Penabalan kembali gelar Harajaon ini.

“Kami atas nama keluarga besar mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas prosesi sidang adat dalam Penabalan Kembali Gelar Harajaon dan upa-upa di tanah kelahiran ini, dan semoga kita semua mendapatkan ridho dari Allah SWT.”

Todung menceritakan, setiap tahun saya selalu pulang kampung ke Madina ini, karena saya lahir di Desa Muara Botung makanya saya selalu ingin pulang kampung untuk melihat perkembangan kampung halaman yang saya cintai ini.

“Saya sangat sedih apabila melihat Madina ini ketinggalan jauh sekali kalau di bandingkan dari Kabupaten lainnya, maka dari itu melihat banyaknya potensi dan pembangunan-pembangunan yang sudah di genjot oleh bapak Bupati merupakan hal yang luar biasa, marilah kita bersama-sama dalam memajukan pembangunan di Madina ini.”

“Saya sebagai putra daerah akan selalu mencoba apa yang bisa saya lakukan untuk perkembangan pembangunan di Madina ini, dan sudah waktunya kita saling mendukung dan saling membantu, lupakan hal-hal yang sifatnya pribadi dan jangan ada lagi perbedaan-perbedaan yang menjadi ganjalan untuk mendukung perbaikan dan perubahan di Madina ini.”

Lanjut Todung, saya datang ke Madina ini sekaligus pamit kepada seluruh masyarakat Mandailing Natal dan meminta restunya, walaupun saya bertugas tiga tahun di Norwegia saya akan tetap membantu apa yang bisa saya bantu untuk seluruh masyarakat Kabupaten Mandailing Natal.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas suksesnya sidang adat ini. Dan khususnya kepada bapak Bupati tolong jangan berhenti, jangan capek untuk membangun Madina ini, karena Kabupaten ini adalah rumah kita, Madina ini tempat kita hidup, tempat kita dilahirkan dan tempat kita meneruskan cita-cita leluhur kita,”tandasnya.

Sedangkan Bupati Madina mengatakan, prosesi kembali Penabalan gelar Harajaon bapak Todung Mulia Lubis merupakan bentuk ajaran agama yang dipoles sedemikian rupa dengan adat-budaya dan semua itu merupakan bentuk syarat dan nasehat-nasehat serta merupakan kebanggaan hati kami.

“Saya sangat bangga atas kehadiran bapak Todung Mulia Lubis di kampung halaman dan tentunya saya meminta agar kita semua mendoakan beliau agar sukses dengan tugas barunya dan tidak melupakan kampung halamannya.”

Bupati menambahkan, dalam waktu dekat ini sebelum puasa bapak Darmin Nasution juga akan pulang kampung, maka dari itu saya mengajak kepada putra-putri terbaik Mandailing Natal marilah kita semua bersama-sama dalam membangun Madina ini lebih baik kedepannya.

“Kepada FPPAB dan seluruh masyarakat madina saya ucapkan terima kasih atas suksesnya prosesi mangupa-upa dan Penabalan kembali gelar Harajaon Bapak Todung Mulia Lubis beserta keluarga dan semoga ini membawa keberkahan bagi kita semua,” pungkasnya.

Sebelum prosesi adat ini, Bapak Bupati Madina mengajak bapak Todung Mulia Lubis bersama keluarga dan rombongannya untuk melihat seluruh lokasi pembuangan-pembangunan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.(Redaksi/davy)

 

 

 

Iklan Perizinan

iklan-perizinan

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)