Pemkab Madina Bersama Pakar Adat, Akan Selenggarakan : PELATIHAN GURU-GURU BIDANG ADAT BUDAYA

Panyabungan (BBNews)

Dalam waktu dekat ini Pemkab Mandailing Natal melalui Dinas Pendidikan & Kebudayaan akan melaksanakan acara Pelatihan terhadap Guru-Guru tingkat SLTP dan SLTA, khususnya guru sejarah  tentang pola pengajaran yang berkaitan dengan adat budaya Mandailing Natal sebagai muatan lokal di sekolah-sekolah, dengan menggandeng para sesepuh dan pakar adat budaya Mandailing Natal, seperti Patuan Kumala Pandapotan ( H. Pandapotan Nasution SH), Mangaraja Ihutan Soripada (H. Drs Afifuddin Lubis M.Si, Patuan Dolok Lubis dan pakar lainnya. Dalam kaitan ini, Kabid Kebudayaan M. Yunus Lubis sangat mengharapkan kepada Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya (FPPAB) Madina bersama BPA (Badan Pemangku Adat) yang ada dibawah koordinasinya, selaku mitra pemerintah, agar turut berperan aktif dalam kepanitiaan untuk mensukseskan kegiatan dimaksud. Hal ini disampaikan Kabid Kebudayaan kepada BBNews diruang kerjanya minggu kemarin (03/03), sedang jadwal kepastiannya masih akan ditentukan kemudian, cuma katanya diancar-ancar kalau tidak diakhir Maret kemungkinan awal April mendatang.

Patuan Kumala pandapotan yang didampingi Mangaraja Ihutan Soripada, yang dikonfirmasi BBNews seusai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Madina di Gedung Serba Guna Panyabungan dengan agenda HUT Madina ke-18, membenarkan rencana kegiatan tersebut. “Buku-buku yang akan dibagikan sebagai pegangan para guru-guru tersebut telah kami siapkan, begitu juga halnya dengan pakar pelatihnya. Tapi bukan seperti yang disampaikan Kabid Kebudayaan itu kepada kalian khusus daerah Mandailing Julu, tapi diharapkan mencakup Kabupaten Mandailing Natal” – tutur Patuan Kumala Pandapotan yang diamini Mangaraja Ihutan Soripada.

H. Pandapotan Nasution, SH (Gelar Patuan Kumala Pandapotan)
H. Pandapotan Nasution, SH (Gelar Patuan Kumala Pandapotan)

Ditambahkannya, bahwa pemahaman dan penguatan adat budaya mulai sejak dini sangat penting dilaksanakan melalui muatan lokal disekolah-sekolah dibawah bimbingan guru-guru didik yang punya skill, agar generasi muda tidak kehilangan arah atau buta tentang adat budaya daerahnya sendiri. Sedang target lainnya, adalah untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Mandailing dengan semboyan yang telah dicanangkan Bupati Drs H Dahlan Hasan Nasution, bahwa daerah ini sebagai “Negeri Beradat Taat Beribadat” menuju masyarakat “Madina yang Madani”.(tim)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)