495 Orang Bilal Mayit Terima Tali Asih

bbnewsmadina.com, Untuk pertama kalinya pemerintah Kota Padangsidimpuan menampung anggaran dan memberikan tali asih kepada seluruh bilal mayit yang tersebar di setiap dusun dan lingkungan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Rabu (29/5), saat ditemui bbnewsmadina.com di gedung pendopo sekretariat daerah mengatakan, jumlah penerima tali asih pada tahun anggaran 2019 ini sebanyak 495 orang bilal mayit laki-laki dan perempuan.

“Bilal mayit pekerjaan mulia, karena menunaikan fardhu kifayah setiap umat Islam yang meninggal dunia. Alhamdulillah, walau baru sekarang, kita sudah bisa memberi perhatian kepedulian kepada saudara-saudara kita bilal mayit,” kata Irsan.

Tali asih yang diserahkan di tahap pertama tahun 2019 ini total sebesar Rp148.500.000, atau Rp300 ribu per orang. Hari pertama penyerahannya, Senin (27/5), telah dimulai di Kecamatan Padangsidimpuan Utara 103 orang bilal mayit, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan 126 bilal mayit,  dan Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu 31 bilal mayit.

Kemudian Hari kedua, Selasa (28/5), di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara 76 bilal mayit, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua 87 bilal mayit, dan terakhir di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru 72 bilal mayit.

Walikota Irsan berharap para bilal mayit tidak memandang jumlah tali asih yang diterima. “Kita peduli keikhlasan dan tanggungjawab bapak ibu para bilal mayit. Tali asih ini akan berkesinambungan dan akan ada penyaluran tahap kedua,” jelas Irsan.

Kepala Dinas Sosial Pemko Padangsidimpuan Sopian Subri Lubis menambahkan, tali asih bagi para bilal mayit ini baru pertama kalinya ditampung di APBD. Jumlahnya tidak begitu besar, karena harus disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

Sejak kepemimpinan Walikota Irsan Efendi Nasution dan Wakil Walikota Arwin Siregar, kata Sopian Subri, aspek-aspek sosial kemasyarakatan di Kota Padangsidimpuan jauh lebih diperhatikan.

“Perhatian untuk bilal mayit ini, merupakan bagian dari Gerakan Sidimpuan Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera (Gesid Bersinar) yang diprogramkan Walikota dan Wakil Walikota dalam rangka membangun dan memajukan Padangsidimpuan,” papar Kepala Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan.(Ty)

 

IMG 20181229 WA0005

 

IKLAN PAJAK

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)