Akbar Tanjung dan Para ‘Sepuh’ Manortor di Pernikahan Puteri Wali Kota Sidimpuan

pernikahan puteri Wali Kota Sidimpuan, Akbar Tanjung, tokoh nasional, manortor, adat Batak Angkola, pertemuan tokoh senior
Tokoh nasional Akbar Tanjung, Baharuddin Aritonang dan Chairuman Harahap hadir dan manortor di pesta adat pernikahan puteri Wali Kota Padang Sidimpuan.

bbnewsmadina.com – Padangsidimpuan, Pernikahan puteri Wali Kota Padang Sidimpuan, Irsan Efendi Nasution, mengundang perhatian luas dengan kehadiran tokoh nasional ternama, Akbar Tanjung, dan sejumlah tokoh nasional dan daerah lainnya. Acara pernikahan yang dilaksanakan dari Jum’at hingga Minggu ini juga mempesona dengan prosesi adat Batak Angkola yang meriah.

baca : Wali Kota Padangsidimpuan Menggelar Acara Ngunduh Mantu

Pada Jum’at (2/6/2023), Wali Kota Padang Sidimpuan, Irsan Efendi Nasution, secara resmi menyelenggarakan ijab kabul pernikahan puterinya, Desy Wartati Nasution, dengan Aditya Syahputera Harahap. Prosesi akad nikah berlangsung lancar dengan penghulu terkemuka, Muhammad Asroi Saputra Hasibuan, yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padang Sidimpuan Utara.

Selama berlangsungnya acara pernikahan, pesta adat Batak Angkola yang termasuk margondang, manortor, dan mangupa digelar sepanjang siang hingga malam, bahkan hingga keesokan harinya. Sebelumnya, sidang para raja-raja adat Kota Padang Sidimpuan pun diadakan sebagai bagian dari tradisi.

pernikahan puteri Wali Kota Sidimpuan, Akbar Tanjung, tokoh nasional, manortor, adat Batak Angkola, pertemuan tokoh senior

Tidak hanya itu, acara pernikahan ini juga menjadi kesempatan langka untuk menyatukan beberapa tokoh nasional yang terhormat. Salah satunya adalah mantan Menteri Sekretaris Negara, Akbar Tanjung, yang berasal dari Tapanuli Tengah. Ia tampak hadir bersama tokoh nasional lainnya, seperti mantan Wakil Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Baharuddin Aritonang, dan mantan Ketua Komisi II DPR RI, Chairuman Harahap, yang juga merupakan tokoh asal Padang Sidimpuan.

Ketiga tokoh nasional tersebut ditemani oleh Fitri Krisnawati Tanjung, seorang politisi perempuan dan pengurus DPP Partai Golkar. Sebagai penghormatan kepada tuan rumah, Akbar, Baharuddin, dan Chairuman didaulat untuk menampilkan manortor, tarian adat Batak yang mempesona.

Tampaknya, momen ini juga menjadi kesempatan bagi ketiga politisi senior dari Partai Golkar untuk menunjukkan rasa haru dan kegembiraan mereka. Mereka larut dalam irama tortor yang mengiringi suara gendang, pukulan gong, dan narasi paronang-onang yang merdu.

Selain Akbar Tanjung dan para tokoh nasional, turut hadir juga tokoh-tokoh penting dari Sumatera Utara, khususnya dari Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Pada tengah malam hingga dini hari Sabtu (3/6/2023), beberapa tokoh seperti mantan Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M. Pasaribu, mantan Bupati Padang Lawas Utara, Bachrum Harahap, dan mantan Penjabat (Pj.) Bupati Tapsel serta Pj. Wali Kota Padang Sidimpuan, Sarmadhan Hasibuan, serta Ali Rachman Nasution (Abang kandung dari Wali Kota Padangsidimpuan) ikut serta dalam manortor di gelanggang pesta adat Batak Angkola tersebut.

pernikahan puteri Wali Kota Sidimpuan, Akbar Tanjung, tokoh nasional, manortor, adat Batak Angkola, pertemuan tokoh senior
Tokoh masyarakat Sumut dari Tabagsel, Syahrul Pasaribu, Bachrum Harahap dan Sarmadhan Hasibuan, juga hadir dan ikut manortor

Seperti halnya saat Akbar Tanjung dan Baharuddin Aritonang menampilkan tortor, para tamu undangan terlihat sibuk mengabadikan momen ini dengan foto dan video menggunakan kamera telepon mereka. Mereka menggambarkan momen ini sebagai tortor dari para ‘legend’, mengacu pada para tokoh atau individu yang telah mencapai tingkat keberhasilan yang jarang diraih orang lain.

Pesta adat pernikahan puteri Wali Kota dan Ketua Tim Penggerak PKK Pemko Padang Sidimpuan ini benar-benar meriah dan akan menjadi catatan bersejarah. Pertemuan langka para tokoh senior dan sesepuh dalam satu tempat dan kesempatan yang sama ini merupakan berkah yang luar biasa.

“Ini benar-benar suatu berkah, karena para tokoh kita bisa bersatu dalam satu gelanggang tortor,” ujar Raja Sahlan Nasution, mantan Kepala Dinas Perhubungan dan Usaha Dagang (PUD) Padang Sidimpuan.

Dengan kehadiran Akbar Tanjung dan para ‘legend’ lainnya, pernikahan Desy dan Adit ini bukan hanya meraih restu Tuhan Yang Maha Kuasa, tetapi juga telah menghadirkan momen yang mengesankan bagi sejarah dan persatuan.

Pewarta: TY
Editor : BMP
COPYRIGHT © bbnewsmadina.com 2023

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)