BI Perwakilan Sibolga Gelar Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah

IMG 20230313 WA0032
Kepala KpW BI Sibolga saat menyerahkan cendra mata kepada Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution di acara TOT Cinta Bangga Paham Rupiah yang di selenggarakan di emerald hall hotel Mega Permata, Senin (13/03/23). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga, menggelar sosialisasi gerakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah (CBP) kepada para guru SMA/SMK di Kota Padang Sidempuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (13/3).

Sosialisasi berbentuk training of trainers (ToT) bertajuk “Trainer CBP Rupiah untuk Masa Depan” digelar di Emerald Hall Hotel Mega Permata Padang Sidempuan yang langsung di buka oleh Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH. MM yang didampingi oleh Kaban Bapelitbang M. Yusar Nasution, mewakili Kadis Pendidikan Padang Sidempuan dan mewakili Kabag Perekonomian Setda Kota Padang Sidempuan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Padang Sidempuan yang diwakili Kasi SMK Benni Damanik memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas kerjasama yang telah dijalin dengan Cabdis Pendidikan.

”Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan guru terhadap rupiah,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias menjelaskan kegiatan ToT CBP Rupiah tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya fungsi dan peranan uang dalam perekonomian.

“Kita berharap melalui sosialisasi tersebut masyarakat memahami ciri-ciri keaslian uang rupiah,” Yuliansah Andrias.

Yuliansah mengungkapkan, sosialisasi tersebut menyasar para guru sekolah sebagai peserta ToT, supaya bisa meneruskan informasi tersebut kepada siswa-siswa yang dalam kesehariannya banyak berinteraksi dengan uang rupiah.

“Kami mengharapkan peranan dari bapak dan ibu guru tadi untuk meneruskan informasi cinta, bangga dan paham rupiah tersebut kepada adik-adik kita di sekolah,” ungkap Yuliansah.

Menurut Yuliansah, Bank Indonensia meningkatkan kualitas uang rupiah agar tidak mudah dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

”Jadi caranya itu dengan menambahkan unsur-unsur pengaman yang lebih canggih dan terkini, yang banyak dipakai oleh bank sentral negara lain. Teknologi terkini di industri percetakan uang itu kita aplikasikan kedalam uang rupiah kita yang baru,” jelasnya.

Selanjutnya Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution,SH, MM saat membuka acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu bagian dari Nasionalisme.

“Kegiatan kita hari ini adalah bagian Nasionalisme kita yang akan kita ajarkan nantinya kepada anak didik, karena Cinta Bangga Paham Rupiah ini merupakan suatu pemahaman yang penting yang diterapkan kepada anak didik di level Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan, cinta dan bangga terhadap rupiah harus digelorakan melalui bapak ibu di sekolah sekolah. Dengan cinta, bangga dan paham Rupiah kita bisa menjaga rupiah sebagai salah satu mata uang yang dapat bersaing kompetitif di mata dunia,” ungkap Irsan Efendi Nasution.

Beliau juga meminta agar sosialisasi ini tidak hanya dilakukan pada tingkat SMA/SMK, tetapi juga dapat dilaksanakan di tingkat SMP/MTS hingga SD/MI.

“Karena ukuran kecerdasan itu adalah kemampuan untuk berubah, maka dari itu saya percaya hanya bapak ibu yang bisa melakukan dan menerapkan hal tersebut kepada anak didik kita generasi muda pemahaman tentang Cinta Bangga dan Paham Rupiah, agar kelak nilai tukar Rupiah kita semakin kuat mata dunia,” tandas Wali Kota.

Usai membuka acara tersebut, Kepala KPw BI Sibolga menyerahkan cendra mata kepada Wali Kota Padang Sidempuan yang didampingi oleh Kasi SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)